Penggunaan Metode TPR (Total Physical Response) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kumon Green Garden Gresik

  • Rivalda Dita Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Metode Total Physical Response, Pembelajaran Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstrak

Penguasaan kemampuan Bahasa Inggris di Indonesia menjadi penting seiring dengan perkembangan era informasi. Kumon merupakan Lembaga Bimbingan Belajar untuk anak yang menyediakan jasa pembelajaran tambahan untuk menguasai Bahasa Inggris. Metode pembelajaran bahasa inggris sangat bervariatif, salah satunya adalah Total Physical Response (TPR) yang menstimulasi bahasa dengan melakukan pemberian perintah melalui, ucapan, dan gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode TPR dalam pembelajaran bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun di Kumon. Penelitian ini menggunakan model kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi langsung dan observasi partisipatif. Lokasi penelitian dilakukan di Kumon Green Garden Gresik. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles and Huberman dan dilakukan keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil menunjukkan (a) penggunaan Metode TPR dapat memberikan dampak yang baik dalam pemahaman bahasa inggris agar anak lebih mudah memahaminya (b) penggunaan Metode TPR memberikan dampak anak lebih percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris. (c) faktor pendukung dari Kepala pembimbing dan Asisten Pembimbing yang sudah menguasai Bahasa Inggris dengan baik, koordinasi guru kepada orangtua dengan baik. (d) faktor penghambat dalam penggunaan Metode TPR dalam pembelajaran Bahasa Inggris adanya kondisi anak yang kurang baik sehingga pembelajaran tidak bisa sesuai yang ditargetkan.

Referensi

Abdullah. (2009). Hambatan Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Produtif Di SMK Wiraswasta Kota Cimahi, universitas Pendidikan Indonesia.
Adnyani, N. wayan S. (2019). Metode Total physical response (TPR) untuk pengembangan kemampuan mendengarkan dalam pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 187. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3117
Afzal, N. (2019). A Study on Vocabulary-Learning Problems Encountered by BA English Majors at the University Level of Education. Arab World English Journal, 10(3), 81–98. https://doi.org/10.24093/awej/vol10no3.6
Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode Total Physical Response (Tpr) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9658
Erna, M. S. (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(1), 50–60.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodelogi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.
Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Metode Tpr ( Total Physical Response ) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. 393–399.
Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2017). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 73. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69.
Kartika, S., & Khaeri, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Duolingo Dalam Pembelajaran Online. 03(1), 32–38. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Khusniyati, A. F. (2020). Pengaruh Metode Total Physical Response Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. UNNES Repository. https://lib.unnes.ac.id/35091/
Lelawati, S., Dhiya, S., & Mailani, P. N. (2018). The Teaching Of English Vocabulary To Young Learners. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(2), 95–100.
Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 30–50.
Maulidia, E. P., & Hasibuan, R. (2021). PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. 2(5), 6.
Merriam, S. B. (1988). Case study research in education: A qualitative approach. Jossey-Bass.
Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
purwanti, ratna. (2019). PENGENALAN ASPEK BAHASA (BAHASA INGGRIS) UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI NYANYIAN.
Reza, M., Hasibuan, R., Khotimah, N., & Widayanti, M. D. (2022). IMPLEMENTASI PERANCANGAN PEMBELAJARAN ANTI NARKOBA ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK. 10(1).
Shobikah, N. (2020). Competences in English. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 1(1), 23. https://doi.org/10.33474/j-reall.v1i1.5280
Suhardiana, I. P. A. (2017). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW. April.
Ulya, N. (2021). PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA PERKEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI. 9(2).
Diterbitkan
2023-01-09
Bentuk Sitasi
Anggraini, R., Khotimah, N., Ningrum, M., & Widayanti, M. (2023, January 9). Penggunaan Metode TPR (Total Physical Response) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kumon Green Garden Gresik. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 88-99. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1520
Section
Articles