Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Kecamatan Sobang
Abstrak
Perkembangan anak di antara banyak aspek perkembangan anak usia dini yang mengalami perubahan bertahap dari waktu ke waktu adalah perkembangan fisik, intelektual, sosial, dan emosional. Jika dirangsang dengan baik, perkembangan anak dapat berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap perkembangan anak usia 5-6 tahun. Ex-Post Facto merupakan pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang mencakup seluruh anggota dalam populasi. Jumlah guru yang menjadi sampel adalah 30 orang. Analisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, dengan hasil uji regresi linear menunjukan nilai Linearty antara 0,04<0,05 menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak dapat dipengaruhi oleh kualifikasi akademik guru.
Referensi
D Indriani, F., & Kuswanto, K. (2021). Pengaruh Latar belakang Pendidikn Dan Kompetensi Guru PAUD Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(0.1101/2021.02.25.432866), 1–15.
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 137 tahun 2014. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Junaidi, R., Susanti, F., Tinggi, S., Eknomi, I., & Kbp, ". (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Informasi, 2(3), 13.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
Mahyuddin, N., & Yanti, S. (2018). Kinerja Mengajar Guru PAUD dan Latar Belakang Pendidikan. Early Childhood Education Journal of Indonesian, 1(2), 24–30. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/2521/2683
Nuroqmah, R. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 09(01), 27–30.
Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal,” 691–697. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108
Septia, R., Rahman, T., & Sianturi, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Deteksi Dini Perkembangan Sikap Sosial Anak Usia 2 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Shubchan, M. A., & Rossa, M. A. (2021). Memahami Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik. Perspektif, 1(2), 167–171. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.60
Sudibyo, B. (2007). Peraturan Mentri pendidikan Nasional Republik Indonesia. Ятыатат, вы12у(235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
Waluyo, H. B. (2020). Penggunaan Alat Peraga : Keberhasilan Belajar Anak Usia 3 – 6 Tahun ? Jurnal Excelsior Pendidikan, 1(1), 63–82.
Wulandari, Y., Apriyanti, L., Meiyasari, M., Nurhasanah, & Febrieantha Putri, Y. (2022). Parenting Kesehatan Diri dan Lingkungan: Pentingnya Gizi Bagi Perkembangan Anak. 4186, 24–37.