Pengaruh Media Loose Parts terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola pada Anak Usia 4-5 Tahun

  • Aas Syifaul Kholiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Kristiana Maryani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Kata kunci: Konsep Pola, Media Loose Parts, Anak Usia 4-5 Tahun

Abstrak

Pemahaman pola merupakan salah satu ranah perkembangan dalam pemikiran logis-matematis, pemahaman pola penting diajarkan pada anak usia dini karena pemahaman pola merupakan dasar dari pengetahuan mengenai matematika pada jenjang berikutknya. Kemampuan mengenal konsep pola dapat dipahami dengan baik jika media yang digunakan oleh guru bervariasi serta pemberian stimulasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media loose parts terhadap kemampuan mengenal konsep pola pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Quasi Eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 15 anak usia 4-5 tahun, serta diberikan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistic parametric dengan uji-t berupa uji paired sample t-test pada kelompok eksperimen diketahui nilai sig. (2 tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka adanya pengaruh yang signifikan,  dengan nilai rata-rata postest pada kelompok eksperimen sebesar 40,26 dari pretest  nya 35,46 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media loose parts berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep pola anak usia 4-5 tahun.

Referensi

Aisyah, A. N., & dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pola Melalui Media Realia Pada Anak Usia 4-5 Tahun, 7(4).
Ariyana, I. K. S. (2020). Pembelajaran Konsep Pola Untuk Anak Usia Dini dalan Kaitannya dengan Problem Solving. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–32.
Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454–5462.
Kurnia, R., & Ed, M. (2018). Media Pembelajaran. Surabaya: CV.Jakad Publishing.
Marcelinawati, T., & dkk. (2021). Pengaruh The Orff Approach Terhadap Pemahaman Pola Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2).
Prof. Dr. Ir. Raihan, M. si. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Rukminingsih, & dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Yogyakarta: Erhaka Utama.
Siantajani, Y. (2021). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT. Sarang Seratus Aksara.
Diterbitkan
2023-01-15
Bentuk Sitasi
Kholiyah, A., Maryani, K., & Atikah, C. (2023, January 15). Pengaruh Media Loose Parts terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola pada Anak Usia 4-5 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 141-149. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1540
Section
Articles