Pengaruh Media Loose Parts terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola pada Anak Usia 4-5 Tahun
Abstrak
Pemahaman pola merupakan salah satu ranah perkembangan dalam pemikiran logis-matematis, pemahaman pola penting diajarkan pada anak usia dini karena pemahaman pola merupakan dasar dari pengetahuan mengenai matematika pada jenjang berikutknya. Kemampuan mengenal konsep pola dapat dipahami dengan baik jika media yang digunakan oleh guru bervariasi serta pemberian stimulasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media loose parts terhadap kemampuan mengenal konsep pola pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Quasi Eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 15 anak usia 4-5 tahun, serta diberikan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistic parametric dengan uji-t berupa uji paired sample t-test pada kelompok eksperimen diketahui nilai sig. (2 tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka adanya pengaruh yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest pada kelompok eksperimen sebesar 40,26 dari pretest nya 35,46 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media loose parts berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep pola anak usia 4-5 tahun.
Referensi
Ariyana, I. K. S. (2020). Pembelajaran Konsep Pola Untuk Anak Usia Dini dalan Kaitannya dengan Problem Solving. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–32.
Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454–5462.
Kurnia, R., & Ed, M. (2018). Media Pembelajaran. Surabaya: CV.Jakad Publishing.
Marcelinawati, T., & dkk. (2021). Pengaruh The Orff Approach Terhadap Pemahaman Pola Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2).
Prof. Dr. Ir. Raihan, M. si. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Rukminingsih, & dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Yogyakarta: Erhaka Utama.
Siantajani, Y. (2021). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT. Sarang Seratus Aksara.