Pengembangan Media “Moku” (Monopoli Negaraku) untuk Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini

  • Nurfirdiyah Ningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Ruqoyyah Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Cahya Maulidyah Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Monopoli, Cinta Tanah Air, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya rasa cinta tanah air pada anak usia dini terhadap penyampaian materi tentang nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa “MOKU” (Monopoli Negaraku) untuk mengenalkan cinta tanah air pada anak usia dini. Media “MOKU” (monopoli negaraku) ini ditujukan untuk anak berusia 5-6 tahun guna untuk memperkenalkan dan memiliki perilaku yang positif terhadap diri serta lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara, dan dunia) serta rasa bangga sebagai anak Indonesia yang berlandaskan pancasila. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 9 anak . Penelitian dilakukan secara offline di salah satu TK Surabaya. Hasil uji validasi ahli materi dan uji validasi ahli media menunjukkan bahwa “MOKU” (Monopoli Negaraku) layak digunakan. Uji coba dilakukan pada anak usia 5-6 tahun menunjukkan bahwa media “MOKU” (Monopoli Negaraku) mempunyai kategori tinggi yang artinya layak digunakan pada saat pembelajaran berlangsung dengan tema tanah air. Media “MOKU” (monopoli negaraku) dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi dengan tema tanah air yang menyenangkan bagi anak dan menjadi ide untuk guru dalam pengembangan lebih lanjut dengan tema yang lainnya.

Referensi

Hamid, M. A., Ramadhani, R., M, J. J., Safitri, M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran.
Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9.
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Arok, A. R. (2020, Januari 20). Cinta Tanah Air dan Patriotisme. Inmas Kemenag Polman. http://kemenagpolman.id/berita/detail/cinta-tanah-air-dan-patriotisme
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (A. Rahman, Ed.; 20 ed.). Rajawali Pers.
Awin, M., Program, A., Pendidikan, S., Pendidikan, G., Usia, A., Sekolah, D., Keguruan, T., Ilmu, D., & Kusumanegara, P. (2023). Urgensi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 4. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12074
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). Dept. Educational Psychology & Instructi, University of Georgia, Athens, USA.
Burlian, P. (2021). Patologi Sosial (R. Damayanti, Ed.). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0L5mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Kemudahan+akses+informasi+tersebut+tidak+hanya+menyebabkan+berbagai+aspek+positif,+namun+juga+dampak+menjadi+negatif+bagi+anak+usia+dini+yang+belum+mampu+memilah+informasi+karena+ketidaksesuaian+dengan+budaya+Indonesia&ots=Kt5stgovXO&sig=35h3G-HzIHloQ2PBHoxcMXHoxAM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Erlangga, F., Kuncoro, A., Rhetno Wardhani, D., Abdillah, R., & Ramdhan, V. (2020). P r o s i d i n g S e m i n a r N a s i o n a l S a i n s Pengembangan Desain Instruksi Pembelajaran dengan Model ADDIE untuk Pendidikan Anak Usia Dini. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/6013
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengembangan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kognitif, Bahasa Dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(4), 367–372.
Fadhallah, R. A. (2021). wawancara (1 ed.). UNJ Press.
Farida, N., Lumbantobing, P. A., & Panggabean, R. (2022). Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng. Jurnal Abdimas Mutiara.
Fauzi. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA:Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754
Hasanah, U. (2020). INTERNALISASI IDEOLOGI PANCASILA MELALUI LAGU KEBANGSAAN UNTUK MENCEGAH MEMUDARNYA NASIONALISME. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846
Kasma, Adam, A., & Azmi, N. (2018). MOPEKER (MONOPOLI PENDIDIKAN KARAKTER) SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. http://journal.unismuh.ac.id/
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Sangadah, S. K., Togar Laut, L., Jalunggono, G., & Ekonomi, F. (2020). DINAMIC : Directory Journal of Economic Volume 2 Nomor 1. the Influence of Factor That Cause Poverty in Kebumen, 2, 2009–2018.
Komalasari, M. D., & Widyaningsih, N. (2020). Keefektifan Buku Dongeng “Negeri Hastinapura” dalam Meningkatkan Nilai Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta (peer review). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. http://repository.upy.ac.id/2274/
Maulidiyah, E. C. (2017). ASESMEN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.45-64
Meidi, S., Mandira, G., & Nessa, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MONOPOLI UNTUK PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI. JIM PAUD, 7(1), 19–29. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/22480/10314
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Misrah, S., Barasandji, D., Efendi, D., Pawala, M., Program, G., & Dalam, J. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kalimat Tanya melalui Teknik 5w 1h di Kelas IV SD Inpres Lobu Gio. Dalam Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 1, Nomor 4).
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nurrahman, A. (2019). PERAN SERTA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMFASILITASI BELAJAR ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453
PERMENDIKBUDRISTEK NOMOR 5 TAHUN 2022. (t.t.).
Rayanto, H. Y., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek (T. Rokhmawan, Ed.; 1 ed.). Lembaga Academic & Reseacrh Institute.
S., Y. Ch. N. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika, 9(1), 107–116.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, & Hana Yedija. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Ragam Kuliner Khas Surabaya sebagai Upaya untuk Memperkenalkan Makanan Khas Surabaya pada Anak 7-12 Tahun. Universitas Dinamika.
Tri, I. H., Diana Fitri, N., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri, S. (2023). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Game Edukasi 3D untuk Menumbuhkan Cinta Tanah Air Sejak Dini. 7(2), 1354–1367. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3378
Trigun. (2021, Oktober 4). Panduan Ular Tangga Validasi. http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/MODEL/TAHUN%202017/Model%20PAUD/Cerdas%20Finansial/%28siap%20cetak%2906_Panduan-Ular-Tangga-Validasi.pdf
Vierda, A. (2023, Mei 20). Uji Wilcoxon: Pengertian, Jenis, Contoh Pengujian. Wiki Statistika. https://wikistatistika.com/uji-wilcoxon/
Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. Sirate, Ed.; 3 ed.). Kecana.
Yohana. (2013). PENANAMAN SIKAP CINTA TANAH AIR MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4606
Diterbitkan
2023-07-14
Bentuk Sitasi
Ningsih, N., Fitri, R., Widayati, S., & Maulidyah, E. (2023, July 14). Pengembangan Media “Moku” (Monopoli Negaraku) untuk Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 237-254. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1790
Section
Articles