Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun

  • Asti Rahmayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Ruqoyyah Fitri Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Loose Part Berdiferensiasi, Konsep Bilangan

Abstrak

Dalam mengenalkan konsep bilangan masih dominan menggunakan pembelajaran konvensional seperti anak diajak berhitung angka 1-10 dengan jari dan papan tulis. Pembelajaran konvensional disini guru mengajar sesuai dengan gaya belajar yang guru ingin mereka menggunakan strategi decte, guru menyebutkan jumlah angka dan anak menuliskan angka. Menggunakan  media loose part dalam pembelajaran guru masih membatasi media loose part untuk kegiatan bermain dan belajarnya, secara tidak langsung guru tidak memfasilitasi minat anak padahal sebenarnya minat siswa sangat beragam. Berdasarkan teori Jerome S. Bruner, pembelajaran akan lebih berhasil jika dalam proses pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek dengan menggunakan media pembelajaran. Melalui penggunaan media pembelajaran, siswa akan melihat keteraturan dan pola struktur secara langsung. Menurut teori piaget mengatakan bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif anak adalah minat dan kebebasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental design atau eksperimen quasi. Quasi eksperimen adalah teknik yang memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat mengontrol sepenuhnya variabel luar yang mempengaruhi proses eksperimen menggunakan design nonequivalent control group design pada nilai  rata-rata  kelas eksperimen postest 32,27 dan kelas kontrol 24,35 pada nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan antara  kelas eksperimen postest dan kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan  media  loose part berdiferensiasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan.

Referensi

Cahyaningrum, W., Rasman, U., & Pudyaningtyas, A. (2022). Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Gugus Dahlia Klaten. Jurnal Kumara Cendekia, 10(2).
Kurnia, & Dewi. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Universitas Islam Negeri Raden Fatah, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Utami, C. P., Eliza, D., Padang, U. N., & Barat, S. (2022). Pengaruh Loose Parts Play Terhadap Pengenalan Konsep Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Ceria Pasaman Barat. 4(2), 183–191.
Valentina Dewi, E. R., Hibana, H., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3451
Ramlah, U. T., Riyanto, A. A., & Nuraeni, L. (2022). Media Loose Parts Play dalam Merangsang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Ceria, 6(3), 293–299.

Sholihah, I., & Rakhmawati, N. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Modifikasi Terhadap Aspek Perkembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mahasiswa Unesa, 8(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud- teratai/article/view/28500
Diterbitkan
2023-07-14
Bentuk Sitasi
Rahmayanti, A., & Fitri, R. (2023, July 14). Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 268-275. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1792
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)