Pengembangan Mibeba Games (Mitigasi Bencana Banjir) untuk Menstimulasi Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia 5-6 Tahun
Abstrak
Masalah utama dari penelitian disini adalah angka kemampuan berkomunikasi pada anakkusia 5-6 tahun di kelompok B sangat rendah. Dari hasil persentase yang dilakukan hanya terdapat 44,58% rata-rata dari kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh anak-anak kelompok B di TK Yamassa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan media yang layak dan juga efektif untuk menstimulasikan keterampilan berkomunikasi anak dengan baik. Metode Research and Development digunakan dalam penelitian ini. Model Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi (ADDIE). Hasil dari pre-test dan post-test dihitung menggunakan uji Wilcoxon. berdasarkan hasil efektivitas didapatkan hasil sebesar 0,005 <0,05 karena hasil nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata antara pre-test dengan post-test yang mengalami kenaikan nilai skornya. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mibeba games (mitigasi bencana banjir) efektif digunakan untuk menstimulasikan keterampilan berkomunikasi anak usia 5-6 tahun.
Referensi
Ahdan, S., Pambudi, T., Sucipto, A., & ... (2020). Game Untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android. … Teknik Elektro UIN …. http://senter.ee.uinsgd.ac.id/repositori/index.php/prosiding/article/view/senter2019p60
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada. Media Group.
Andriani, D. G., & Indrayany, E. S. (2019). pengaruh media maple terhadap komunikasi matematika pada materi integral. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2:). https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2094
Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2018). Dialogic Reading Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1). https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3070
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional …. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977
Effendy, O. U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Etnawati, S. (2021). Vygotsky’s Theory Of Early Childhood Language Development. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/JPN.V22I2.382
Izzuddin. (2019). Yang Perlu Dilakukan Saat Banjir. In Buku Seri Aku Tangguh Bencana. Ditjen PAUD Kemdikbud.
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–68. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.1.52-68
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan …. https://scholar.archive.org/work/fwofurldtfdnxioo4pq24jr5vu/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1217/pdf
PERPUSTAKAAN NASIONAL 2022. (2022). https://isbn.perpusnas.go.id/kdt/viewkdt?id=0822003175
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R & D) Alfabeta. Bandung. Metode Penelitian Bisnis.
Sugiyono, D. (2017). Prof, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Wibowo, G. V, & Suyadi, S. (2021). Penerapan Permainan Bahasa Guessing Games Berbasis Powerpoint Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/31060
Wulandari, A. D. (2019). Game edukatif sejarah komputer menggunakan role playing game (rpg) maker xp sebagai media pembelajaran di smp negeri 2 kalibawang .