Stimulasi Kecerdasan Naturalis melalui Media Eco-Print di TK IT Fania Salsabila Barokah

  • Dea Mei Setiangi Universitas Jambi
  • Oriza Putri Syahana MZ Universitas Jambi
  • Siti Fadilla Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi
Kata kunci: Kecerdasan Naturalis, Media Eco-Print, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek stimulasi kecerdasan naturalis melalui metode eco-print, dengan metode pengujian yang dilakukan yaitu melakukan perlakuan test sebelum diberikan perlakuan media eco-print dan setelah dilakukan perlakuan menggunakan media eco-print. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 20 anak yang bersekolah di TKIT Fania Salsabila Barokah. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti yang kemudian dianalisi dengan menggunakan metode pengujian sampel berpasangan. Hasil dari pengujian dua sampel berpasangan menunjukkan bahwa stimulasi kecerdasan naturalis melalui media eco-print signifikan dengan nilai 0,00 < 0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat peningkatan stimulasi kecerdasan naturalis melalui media eco-print.  

Referensi

Gardner. (2013). Multiple Intelligences (Memaksimallkan Potensi & Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa). Terjemahan Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Darras Books.
Kasih, D., Utami, FB, & Rahayu, W. Penerapan Teknik Eco-Print Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. PAEDAGOGIA , 26 (2), 136-148.
Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67-82.
Saripudin, Aip. "Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini." AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 3.1 (2017).
Subiyati, Rosida, A., & Wartiono, T. (2021). Pelatihan Eco-Print Kain Kapas/Cotton Pada Siswa Smk Tekstil Pedan. 1(2), 41–46.
Sumitra, A., & Panjaitan, M. (2019). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 35-42.
Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987-1996.
Ardiana, “Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2022): 1–12.
Irianingsih, 2018. Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun Dan Bunga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sujiono Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta : PT. Indeks, 2009
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA.
Astini, 2017. “Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 6(1).
Diterbitkan
2024-01-24
Bentuk Sitasi
Setiangi, D., Syahana MZ, O., Fadilla, S., & Utami, W. (2024, January 24). Stimulasi Kecerdasan Naturalis melalui Media Eco-Print di TK IT Fania Salsabila Barokah. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 36-42. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2143
Section
Articles