Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Media Bahan Alam pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD SPS Melati VII Kalapasatangkal Kecamatan Ciracap

Authors

  • Nenden Hasanah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ibnu Hurri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2145

Keywords:

Kemampuan Berhitung Permulaan, Media Bahan Alam

Abstract

Berhitung bukanlah suatu bidang studi yang sulit dipelajari asalkan strategi penyampaiannya tepat dan sesuai dengan tingkat kemampuan yang mempelajarinya. Praktiknya belajar berhitung diperlukan alat bantu atau alat peraga pembalajaran yang berfungsi untuk memudahkan anak untuk belajar, tetapi kenyataannya rata- rata pendidik belum menggunakan alat peraga yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Media Bahan alam merupakan salah satu langkah mudah untuk menunjang proses mengajar siswa di kelas untuk memberikan rangsangan-rangsangan terhadap anak melalui media seperti media bahan alam. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana implementasi dan hasil penerapan media bahan alam yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun diĀ  PAUD SPS Melati VII Kalapa Satangkal Kecamatan Ciracap Tahun Ajaran 2022/2023. Subyek penelitian penelitian kualitatif ini adalah 15 anak kelompok A, dan lembar observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data.Reduksi data, visualisasi data digunakan untuk mengkaji data secara kualitatif dan menarik kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa media bahan alam efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan cara sebagai berikut: Mulai dari pemilihan topik yang berorientasi pada tujuan, pembagian media dan materi, pembagian anak ke dalam beberapa kelompok, pemberian kesempatan bermain dengan media bahan alam, dan latihan pembelajaran media alam yang mengulang informasi hingga melakukan penilaian.

References

Aisyah, Siti. 2017. Perkembangan dan Konsep Dasar Peengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan : Universita Terbuka.
Isen, J.P.,& Jalongo,M.R. 2010. Creative thinking and arts-based learning. New Jersey: Pearson Miller, D.L. (2009). Young children learn through authentic play in a nature explore classroom. Diakses dari situs. http://www.dimensionsfoundation.org/research/aunthenticplay.pdf pada tanggal 19 November 2019.
Junaida.(2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Musfiroh dan Tatminingsih, 2019, Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: PT Alpha Aksara.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: Indeks.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Media Bahan Alam pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD SPS Melati VII Kalapasatangkal Kecamatan Ciracap. (2024). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 56-63. https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2145