Persepsi Guru terhadap Penataan Ruang Kelas (Indoor) untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

  • Anike Septiyohana Karokaro Universitas Negeri Jambi
  • Amanah Sholeha Universitas Negeri Jambi
  • Fitri Rahayani Universitas Negeri Jambi
  • Masyunita Siregar Universitas Negeri Jambi
Kata kunci: Ruang kelas, Pengelolaan, Anak Usia Dini

Abstrak

Ruang kelas bagi anak usia dini adalah sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran dan sebagai hal yang akan membantu mengembangkan anak. TK Swasta Stella Maris Jambi adalah salah satu sekolah untuk pendidikan anak usia dini. Penelitian yang dilakukan ini berupaya untuk mengetahui pandangan guru akan penataan ruang kelas untuk proses belajar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner kepada guru-guru. Hasil dari penelitian ini adalah ruang kelas untuk proses belajar dinyatakan baik dalam kegunaannya, dekorasi atau hiasan yang ada dalam kelas dapat mempengaruhi anak dalam proses belajarnya, mulai dari hiasan angka/huruf, hewan-hewan dan bunga, juga hasil karya akan kreativitas anak. Dalam menciptakan kelas yang aman dan nyaman, guru-guru memiliki caranya masing-masing yang akan diterapkannya kepada anak-anak. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini adalah pengelolaan ruang kelas pada TK Swasta Stella Maris Jambi dikatakan baik.

Referensi

Baiti, N. 2020. Konsep Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Primearly. Vol 3 (01) : 27-34

Israwati. 2017. Pengelolaan Ruang Kelas Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Serambi Ilmu. Vol. 29 (2) : 119-124

Ningrum, Y. 2021. Identifikasi Penataan Ruang Kelas yang Digunakan di Taman Kanak-kanak Gugus III Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2 (10) : 83-95

Novitasari,dkk. 2022. Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 (02) : 52-61

Sari, S. 2004. Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Dimensi Interior. Vol. 2 (01) : 22-36

Tambunan, V. R., & Herawati, J. (2023). Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Beringin Permai Kecamatan Sipoholon. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 1(2), 209-216.

Triandriani, M., Noviani,S., Ema,T. 2014. Penataan Ruang Kelas yang Sesuai dengan Aktivitas Belajar Kasus : Paud Kuncup Matahari dan PG / RA Mutiara Bhima Sakti Sidoarjo. Jurnal RUAS. Vol. 12 (01) : 66-75
Diterbitkan
2024-01-24
Bentuk Sitasi
Karokaro, A., Sholeha, A., Rahayani, F., & Siregar, M. (2024, January 24). Persepsi Guru terhadap Penataan Ruang Kelas (Indoor) untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 89-94. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2149
Section
Articles