KREASI KAPAS TEMPEL UNTUK MENGEMBANGKAN ART SKILL SISWA KELOMPOK A DI TK MODERN BUNDA SAYANG NGAWI

  • Norma Ken Puspahati IAI Ngawi
  • Anita Solihatul Wahidah IAI Ngawi
  • Pramudya Elentika IAI Ngawi
Kata kunci: Kolase, Perkembangan Seni, Anak Usia Dini

Abstrak

Salah satu dari aspek utama yang harus dikembangkan dari keterampilan anak adalah kemampuan seni (Art Skill). Seni juga mempunyai pengaruh sangat penting guna menstimulasi otak anak dalam perkembangannya. Latar belakang masalah di TK Modern Bunda Sayang adalah kemampuan seni anak masih rendah, didalam menggunakan jari-jari tangan ada beberapa anak yang masih kurang terampil khususnya dalam kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel. Hal tersebut disebabkan minimnya pemberian stimulus dalam meningkatkan kemampuan seni pada anak. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan seni anak adalah dengan kegiatan kreasi kapas tempel (kolase). Oleh karena itu, peneliti memilih menggunakan kegiatan kolase dengan bahan kapas. Fokus rumusan masalah  yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan seni siswa TK Modern Bunda Sayang dan bagaimana mengembangkan kemampuan seni siswa melalui kreasi kapas tempel (kolase). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dimana subyeknya adalah Siswa Kelompok A TK Modern Bunda Sayang, yang berjumlah 17 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengembangan yang cukup signifikan. Karena hasil dari penelitian target ketuntasan minimal kelas yaitu sebesar 82,35% telah tercapai. Dengan hasil tersebut, kemampuan seni anak yang berada pada keadaan Berkembang Sangat Baik (BSB) sudah semakin banyak. Oleh karena itu, penelitian ini telah berhasil memberikan jawaban dari fokus masalah yaitu kegiatan kreasi kapas tempel (kolase) dapat mengembangkan kemampuan seni siswa TK Modern Bunda Sayang.

Referensi

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-
Kanak, Jakarta
Devi, Fratnya Puspita. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak
Kelompok B2 di TK ABA Keringan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Yogyakarta
Famillani,Neti. (2019). Penerapan Media Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Kelompok
A di TK PKK Mulyojati 16 C Metro Barat Kota Metro, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan.
Husna,Azaratul. (2018). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Kolase pada Anak Kelompok B
di TK Islam Terpadu Insan Madani,Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sumatera Utara Medan,
Kurnia,Rita & Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya:Jakad Publishing,
Lonika,Tessa Ayu.( 2019). Penerapan Permainan Kolase Kertas dalam Meningkatkan
Keterampilan Motorik Halus di PAUD Ar-Rahim Kelurahan Simpang Tiga 67 Kabupaten
Kaur, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Bengkulu,
Pamadhi,Hajar.& Sukardi,Evan. (2018 ). Seni Keterampilan Anak,Tangerang,
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor.137 Tahun 2014
Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Marsudi. (2020). Pembudayaan Literasi Seni di SD,Yogyakarta:Deepublish,
Musa,Lisa Aditya Dwiwansyah & Hasis,Pertiwi Kamariah. (2020). Pembelajaran Seni Rupa
Untuk Anak Usia Dini,Indramayu:CV Adanu Abimata,
Musta'in,Nuraini. (2012). Panduan Kurikulum Untuk Taman Kanak-kanak Islam, Surakarta:
Nuraini Bunda,
Nicholson,Sue. (2017). Membuat Kolase,Solo:Tiga Serangkai,
Nurliana,( 2021). Meningkatkan Kemampuan Seni Kolase dengan Menggunakan Bahan Alam
Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Amarah Telluwanua Kota Palopo, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo,
Sugiyono, (,2011 ). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kualitatif, kuantitatif, dan R & D),
Bandung: Alfabeta.
Sumanto, (2005). Pengembangan Seni Rupa Anak TK, Jakarta
Verayanti,Sri & Muharrar,Syakir. ( 2013). Seni Kreasi Koalse, Montase, Mozaik, Jakarta:
Erlangga,
Wardhani,Igak.dkk, (2007 ). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta:Universitas Terbuka,
Diterbitkan
2024-07-16
Bentuk Sitasi
Puspahati, N., Wahidah, A., & Elentika, P. (2024, July 16). KREASI KAPAS TEMPEL UNTUK MENGEMBANGKAN ART SKILL SISWA KELOMPOK A DI TK MODERN BUNDA SAYANG NGAWI. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(2), 32-41. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i2.2309
Section
Articles