Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto

  • Putri Ismawati STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Susi Maulida STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Umi Maysaroh STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Efektifitas, Pembelajaran Daring, Perkembangan Fisik Motorik

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran daring guru tidak bisa memantau perkembangan fisik motorik anak, karena anak-anak lebih banyak belajar dirumah dan dirumahpun anak-anak tidak bisa leluasa keluar rumah untuk bermain ataupun pergi rekreasi. Akibatnya banyak orangtua yang berfikir bahwa dengan bermain HP lah yang menjadi solusi utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus Puri Mojokerto. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan, baik secara teoritis maupun praktis bagi peneliti sesuai dengan fokus penelitian yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan tempat  penelitian di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus yang dilaksanakan pada 1 April – 30 Mei 2020. Adapun subjek penelitian adalah 10 siswa RA Nurul Hikmah Dsn.Ketemas RT.03/RW.02. Sedangkan informan penelitiannya adalah kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti adalah indikator fisik motorik. Analis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian perkembangan fisik motorik anak pada saat pembelajaran daring mengalami penurunan. Penurunan ini ditunjukkan dari hasil penilaian kepada 10 anak yang hasilnya rata-rata mulai berkembang (MB). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus Puri Mojokerto kurang efektif.

Referensi

Ahmadi, Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan Asas Dan Filasafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alwi dkk, .2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal Dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain.
Dini, U. (2015). Pengembangan permainan gelas berangka warna warni pada kemampuan fisik motorik dan perkembangan kognitif anak usia dini. 1, 11–19.
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.8.
Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Husdarta dan Nurlan. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Premadia Group.

Kuasi, S., Kelompok, A., Tk, B., & Kartika, T. K. (2018). Efektivitas Pengembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini melalui Permainan Kreatif. 4(2), 71–76.
Nugraha, Ali. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK, UT Jakarta.

Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. 2009. Human Development Perkembangan Manusia, Jakarta: Salemba Humanika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Susilana, Rudi dan Cepiriyana. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slamet, Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sujiono, Bambang Dan Yuliani Nurani Sujiono, 2005,.Menu Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Suyadi, Ulfah. 2016. Konsep Dasar PAUD, Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media.Group.
Sistem, M., Daring, P., Di, O., & Duta, T. K. (2020). Dampak Pengaruh COVID-19 Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Yang Menggunakan Sistem Pembelajaran (Daring Online) Di TK Duta Kasih. May.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2004, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf L N. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Bandung: Remaja Roesdakarya

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Wulandari, H., Purwanta, E., & Kanak-kanak, T. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Abstrak. 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Diterbitkan
2021-01-30
Bentuk Sitasi
Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, U. (2021, January 30). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 20-33. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.722
Section
Articles