Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Di Bangka Belitung

  • Syariful Syariful Universitas Al-Azhar Indonesia
Kata kunci: kreatif, muda, wirausaha

Abstrak

Pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya di Indonesia perlu ditingkatkan. Ekonomi kreatif Indonesia sebagai kekuatan baru menuju 2025 tidak hanya sebatas semangat tetapi juga mission statement untuk berkreasi dengan mengatasnamakan identitas budaya Indonesia pada setiap karya kreatif yang diciptakan oleh anak bangsa. Perkembangan ekonomi kreatif juga tidak dapat terlepas dari generasi muda sebagai gudang kreativitas. Generasi muda adalah sumber daya produktif yang dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha (wirausaha) yang juga membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di angkatan kerja produktif. Semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, semakin banyak pula produktivitas yang dihasilkan sehingga berdampak pula pada meningkatnya perkembangan ekonomi nasional. Analisis SWOT yang lakukan menghasilkan kegiatan pengembangan wirausaha muda dalam ekonomi kreatif berbasis budaya melalui program pelatihan, pengembangan serta pemodalan

Diterbitkan
2018-10-19
Bentuk Sitasi
Syariful, Syariful. ACTIVA 1, no. 2 (October 19, 2018): 1-17. Accessed November 21, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/321.
Section
Artikel