Pengaruh Faktor Produk, Periklanan Dan Proses Cepat Keputusan Menjadi Nasabah Kredit Modal Kerja Di Bank Aswaja Ponorogo

  • Rizqi Rahmawati Universitas Merdeka Ponorogo

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial maupun dominan antara faktor produk, periklanan dan proses cepat terhadap keputusan menjadi nasabah kredit modal kerja di Bank Aswaja Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah data nasabah aktif Bank Aswaja Ponorogo. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan sampel menggunakan purpose random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Kemudian dilakukan analisis data terhadap data-data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel independent (faktor produk, periklanan dan proses cepat) dan variabel dependent (keputusan nasabah). Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan analisa regresi linear berganda dapat dilihat bahwa variabel faktor faktor produk, periklanan dan proses cepat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Pengujian dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secra signifikan berpengarh terhadap omset penjualan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel independen berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah. 

Berdasarkan hasil analisa regresi berganda diketahui bahwa nilai RSquare atau koefisien determinasi sebesar 0,848 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen faktor produk, periklanan dan proses cepat dapat menjelaskan variabel dependen yaitu keputusan nasabah sebesar 84,8 % dan sisanya sebesar 15,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model regresi.

Kata Kunci: produk, periklanan, proses cepat

Diterbitkan
2019-11-04
Bentuk Sitasi
Rahmawati, Rizqi. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (November 4, 2019): 61-83. Accessed March 31, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/491.
Section
Artikel