Perspektif Ekonomi Syariah Terhadap Mekanisme Pelayanan Klaim Asuransi Kesehatan Tentang Cacat (Studi Kasus di PT. Sun Life Financial Syariah Elmalik Lazurdi Cabang Jember)

  • Umi Karimatul Azizah, Erlin Indaya Ningsih STIS Miftahul Ulum Lumajang

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk membahas tentang perspektif ekonomi syariah terhadap mekanisme pelayanan klaim asuransi kesehatan tentang cacat (studi kasus di PT. Sun life  financial  syariah elmalik lazurdi cabang jember). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelayanan klaim asuransi kesehatan tentang cacat di PT Sunlife finansial syariah cabang jember perspektif ekonomi syariah apakah sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu wawancara, dan observasi. Data - data dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian yakni, data primer dan skunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan  teknik triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif ekonomi syariah terhadap mekanisme pelayanan klaim asuransi kesehatan tentang cacat (studi kasus di PT. Sun life  financial  syariah elmalik lazurdi cabang jember) Sudah sesuai dengan syariat Islam.

Kata kunci: Mekanisme, Klaim, Asuransi Sun life

Diterbitkan
2019-11-04
Bentuk Sitasi
Erlin Indaya Ningsih, Umi Karimatul Azizah,. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (November 4, 2019): 84-94. Accessed February 23, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/492.
Section
Artikel