Marketing Mix ; Instrumen Pencapaian Target Pembiayaan BSM Implan di Bank Mandiri Syariah KCP Abepura Papua

  • Nani Hanifah IAIN Fattahul Muluk Papua

Abstrak

Abstrak :Bank  Mandiri Syariah KCP Abepura dalam pencapaian target pembiayaan BSM Implan ini dilakukan dengan menerapkan marketing mix yaitu dengan cara bauran pemasaran yang terdiri dari empat komponen, yaitu: product, price, place, dan promotion. Untuk mengimplementasikan 4P ini dilakukan pemasaran yaitu silaturahmi ke instansi-instansi pemerintah, opentable (menawarkan secara langsung dengan nasabah), pemasaran dengan penawaran ke instansi yang sudah kerjasama dengan Bank Mandiri Syariah KCP Abepura, serta dengan penawaran kerjasama dengan instansi lain. Marketing Mix sebagai alat untuk pencapaian target pembiayaan BSM Implan maka sudah bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan Markettng  dalam memasarkan produk tersebut, ini dibuktikan dengan meningkatnya produk pembiayaan BSM Implan tiap tahunnya.

Kata Kunci: Marketing Mix, Pembiayaan BSM Implan.

 

Abstract:Mandiri Syariah Bannk Abepura unit  in achieving the BSM Implants financing target is carried out by applying a marketing mix by means of a marketing mix consisting of four components, namely: product, price, place, and promotion. To implement this 4P, marketing is done through hospitality to government agencies, opentable (offering directly with customers), marketing with offers to agencies that have collaborated with Bank Mandiri Syariah Abepura KCP, as well as by offering cooperation with other agencies. Marketing Mix as a tool for achieving BSM Implants financing targets can be used as a benchmark for Markettng's success in marketing these products, this is evidenced by the increasing BSM Implants financing products each year.

Keywords: Marketing Mix, BSM Implants Financing.

Referensi

Antonio Muhammad Syafi’I. Bank Syariah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Arif M. Nur Rianto Al. Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Herlambang Susatyo. Basic Marketing (Dasar-dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2014.

Ifham Ahmad. Ini Loh Bank Syariah: Memahami Bank Syariah dengan Mudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2015.
Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Karim Adiwarman A. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.

Laksmana Yusak. Tanya Jawab Cara Mudah Mendapatkan Pembiayaan di Bank Syariah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009.
Manap Abdul. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Muchtar Bustari, dkk. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Kencana, 2016.

Meong Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Rahardjo Tri Weda Strategi Pemasaran dan Penguatan Daya Saing Produk Batik UMKM. Surabaya: CV. Jakad Publishing, 2018.
Sutanto Herry & Khaerul Umam. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Surin Bachtiar. Az-Zikra Terjemah & Tafsir Al-Qur’an dalam Huruf Arap & Latin Juz 1-5. Bandung: Angkasa Bandung, 2004.

Sudaryono. Metode Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2017.

Yet Sian. Star Marketing For Everyone’s Business. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

https://www.syariahmandiri.co.id/tentang-kami/sejarah (di akses pada hari Senin, 08 Juli 2019 pukul 10:50 WIT).
https://kbbi.web.id/sosialisasi (di akses pada hari sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 19:13 WIT).
https://www.syariahmandiri.co.id/tentang-kami/sejarah (diakses pada hari senin, 22 Oktober 2019 pukul 16:29 WIT).
https://www.syariahmandiri.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan (diakses pada hari sabtu, 23 Oktober 2019 pukul 16:30 WIT).
http://www.mandirisyariah.co.id (diakses pada hari sabtu, 16 Oktober 2019 pukul 07:25 WIT.
Diterbitkan
2020-04-30
Bentuk Sitasi
Hanifah, Nani. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah 3, no. 1: April (April 30, 2020): 1-19. Accessed November 28, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/571.
Section
Artikel