Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Fikih Bab Sholat Idain Kelas IV MI Sudirman Dukuh Ngargoyoso Karanganyar Tahun 2021/2022

  • Qudsiyah Laili R Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Iffah Mukhlisah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Agus Fatuh Widoyo Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
Kata kunci: snowball throwing, keaktifan belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode snowball throwing pada proses pembelajaran fikih bab sholat idain di Kelas IV MI Sudirman Dukuh Ngargoyoso dan peningkatan keaktifan belajar siswa Kelas IV MI Sudirman Dukuh saat mengikuti pembelajaran fikih bab sholat idain dengan metode snowball throwing.Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian adalah bahwa penerapan model pembelalajran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan pada tiap-tiap siklus, rata-rata persentase pada pra-siklus sebesar 45,7%. Pada siklus I mengalami peningkatan 67,8%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 84,6% siswa aktif. Hal ini membuktikan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan keaktifsn belajar fikih bab sholat idain kelas IV MI Sudirman Dukuh Ngargoyoso tahun 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, Vol.1 No.1;pp.12-24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, Vol.11 No.1;pp.85-99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fatihah, N., & Nadjih, D. (2017). Hubungan Pendidik Dan Terdidik Dalam Al- Quran. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol.7 No.2;pp.73–86. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v7i2.188
Fatimah, N. E., & Usman, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di MI Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Jurnal Tarbiyatuna, Vol.8 No.1;pp.9-22.
Hardini, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, Vol.3 No. 1; pp. 233- 245. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.37
Hardjono, N. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Modelpembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.3 No. 1; pp. 371-376. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.231
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.3 No.2;pp.353-371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Huda,M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Indonesia. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional. Badan Penelitian Departemen Pendidikan Nasional.
Maradona. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa kelas IV B SD”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.17 No.5;pp.1621.
Musaropah, U., Mahali, M., Delimanugari, D., Najib, M. A., Lestari, M. I., & Nasruddin, M. (2020). Snowball Throwing Sebagai Model Pembelajaran Guna Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Bidang Matematika. Intersections, Vol.5 No. 2; pp. 38-47. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.605
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, Vol.2 No.02;pp.53-60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol.5 No.4;pp.1717-1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Priyastuti, K. E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Snowball Throwing. Jurnal Kewarganegaraan, Vol.5 No.1;pp.92- 100.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 2; pp. 83-88. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Wardhiana, I. K. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipesnowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan. MIMBAR PGSD Undiksha, Vol. 1 No. 1; pp. 1-10.https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1483
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6 No.1;pp.87-93 https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Diterbitkan
2022-06-16
Bentuk Sitasi
R, Qudsiyah, Iffah Mukhlisah, and Agus Widoyo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 2 (June 16, 2022): 364-374. Accessed May 19, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1299.
Section
Articles