Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas 8 di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Darularqom Karanganyar Tahun 2021/2022

  • Wahyu Tri Supartini Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Nashir Nashir Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Sulistyowati Sulistyowati Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
Kata kunci: Kejenuhan belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kejenuhan ketika belajar dan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas 8 di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar.  Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung di tempat penelitian terhadap fenomena yang ada dengan menggambarkan sejumlah variabel.  Pendekatan yang digunakan ada pendekatan psikologis, pedagogis dan sosiologis.  Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi.  Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan member check.  Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yaitu: (1) Motivasi yang diberikan guru ke siswa kurang.  (2) Tidak ada buku penunjang.  (3) Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dijadwalkan setiap hari senin sampai jumat setiap hari, namun guru yang mengajar hanya satu saja.  (4) Jadwal tidak terstruktur.  (5) Metode mengajar guru selalu ceramah dan mencatat.  (6) Penggunaan sarana dan prasarana belum maksimal.  (7) Siswa merasa lelah dengan jadwal pelajaran yang banyak.  Sedangkan startegi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar antara lain/: (1) Memberi motivasi siswa.  (2) Melakukan ice breaking.  (3) Metode pembelajaran yang bervariasi. (4) Memberikan reward dan punishmen.  (5) Mengubah tempat duduk setiap siswa dengan bentuk meja yang berbeda-beda.  (6) Mengajar dengan bercanda dan bercerita.  (7) Mengadakan kegiatan rohani dan pembelajaran di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Hernawati, Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa di Kelas XI PMDS Putri Palopo, (Palopo: Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Palopo, 2014), h. 12.
Departemen Agama RI, Al- Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Darus Sunnah, 2013), h. 589.
Hernowo, Membacalah Agar Dirimu Mulia Pesan dari Langit, (Cet. I; Bandung: MLC, 2008), h. 30.
Hasbullah, Dasar-dasar ilmu pendidikan, ( Cet. V, Jakarta : Grafindo Perseda, 2006), h. 9.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Cet. VI; Jakarta: Raja Grafindopersada, 2013), h. 23.
Wasty Soemanto, Kesulitan Belajar Siswa, dalam http://almajdzubnews. blogspot. com diakses pada tanggal 05/02/2022
Tadjab, Ilmu Jiwa Pendidikan, (Surabaya: Karya Abditama, 1994), h. 46.
Cet. IV ; Jakarta : Rineka cipta, 2003), h. 2.
Sardiman A. M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1986), h. 21
Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Cet. VI; Jakarta: Raja Grafindopersada, 2013), h. 1
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Cet. I; Jakarta: Kencana, 2009), h. 15
Muhammad Ibn Yasid al Kazwiny Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, Juz. I (Semarang : t. tp, t. th), h. 81
Zulfadli Arif, Prinsip Pembelajaran, dalam http://mitanggel. blogspot. com/2009/09/prinsip- pembelajaran. html, diakses pada 30/03/2022
Ebda Setiawan, Ebda Setiawan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) offline versi 1. 1 freeware© 2010 http://ebsoft. web. id. h. 10
Faktor penyebab kejenuhan belajar, dalam http://wawasanbk. blogspot. com diakses pada tanggal 23/03/2022
Faktor penyebab kejenuhan belajar, dalam http://wawasanbk. blogspot. com diakses pada tanggal 23/03/2022
Azyumardi Azra, Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, ( Cet. I ; Jakarta : Logos, 1999), h. 3.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 2017
Diterbitkan
2022-06-16
Bentuk Sitasi
Supartini, Wahyu, Nashir Nashir, and Sulistyowati Sulistyowati. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 2 (June 16, 2022): 387-401. Accessed May 19, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1301.
Section
Articles