Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur dengan Model Discovery Learning Mengunakan Media Audio Visual di Universtitas Bina Sehat PPNI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks prosedur dengan metode pembelajaran discovery learning mengunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji hal ini mengunakan metode R&D digunakan untuk mengembangkan dan mengvalidasi produk pendidikan. Penelitian ini juga dilakukan di universitas Bina Sehat PPNI dengan pertimbangan mahasiswa tersebut juga sedang menempuh mata kuliah teks prosedur sehingga sesuai untuk menjadi objek yang diteliti.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dari 75 mahasiswa menunjukan 89,5% merespon positif dengan adanya pembelajaran ini. Dari data presentase data 89,5% berada pada interval skor 85% yang berarti respon yang diberikan oleh mahasiswa sangatlah positif. Menurut Hobri (2009), kreteria keefektifan suatu model dikaitkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa dan respon positif mereka. Pembelajaran efektif terjadi bila ada keaktifan mahasiswa yang dilibatkan untuk mengorganisasikan dan menemukan hubungan informasi yang diberikan.
Downloads
Referensi
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Burhan, Nurgiyantoro. (2009). Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.