Analisis Ketepatan Penggunaan Imbuhan Ke-An dan Imbuhan di- Pada Karangan Eksposisi

  • Tuti Masitoh Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Garut
Kata kunci: Analisis, Imbuhan, Karangan eksposisi

Abstrak

Tulisan ini berisi ringkasan hasil penelitian yang berusaha mengungkapkan analisis ketepatan penggunaan imbuhan ke-an dan imbuhan di- pada karangan eksposisi. Jenis penelitian ini tergolong deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negri 1 Garut tahun ajaran 2009-2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yaitu teknik yang berhubungan dengan kualitas atau kemampuan dalam menulis karangan eksposisi. Pengolahan data dilakukan dengan cara menganalisis seluruh karangan yang dibuat siswa kelas x mulai dari membaca karangan, meneliti, menggaris bawahi, menghitung jumlah imbuhan ke-an dan imbuhan di-serta menganalisis ketepatan dan tidaktepatan pada karangan eksposisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kemampuan menggunaan imbuhan ke-an dan imbuhan di-  pada karangan eksposisi siswa kelas X MAN 1 Garut tergolong cukup baik, dalam menggunaakan imbuhan ke-an dan imbuhan di- pada karangan eksposisi. Dengan kata lain, jika sering mengasah keterampilan menulis, maka tingkat kesalahan akan semakin berkurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Akhadiah, Sabarti. Dkk. (1993). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Badudu, J.S. (2001). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung : C.V. Nawaputra Indonesia.
-----------,(2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Depdikbud. (2005). Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Pustaka Setia.
Effendi. (1998). Panduan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Gie, The Liang. (2002). ). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Hadi, A dan Haryono, H. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : C.V. Pustaka Setia.
Keraf, Gorys. (1982). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
Puspitorini, Dwi. (2005). Jalan Bahasa pelajaran Praktis Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Ramlan, M. (1987). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta : C.V. Karyono.
Sitindoan, G. (1984). Pengantar Linguistik dan Tata Bahasa Indonesia. Bandung: C.V. Pustaka Prima.
Suhendar, E dan Supinah, P. (1997). MKDU Bahasa. Bandung: C.V. Pionir Jaya.
-----------, (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henri Guntur. (1985). Pengajaran Morfologi. Bandung: Angkasa.
Verhaar, J.W.M. (1982). Pengantar Linguistik. Gajah Mada: University Press.
Satini, Ria. (2016). ”Kemampuan Menulis Karanagan Eksposisi”. Dalam Jurnal Gramatika (Daring). Tersedia: http:// media.neliti.com./media/publication/79869-ID-kemampuan-menulis-karangan-eksposisi-den-pdf. (04 januari 2018).
Diterbitkan
2018-03-26
Bentuk Sitasi
Masitoh, Tuti. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 1 (March 26, 2018): 31-38. Accessed December 10, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/207.
Section
Articles