Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Sekolah Akreditas A Dengan Sekolah Akreditas B di Kota Medan

  • Noel Arborea Bangun Universitas Negeri Medan
  • Nixo Hardison Silaban Universitas Negeri Medan
  • Stefanus Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Vivi Amelia Alzana Universitas Negeri Medan
  • Yuserlin Wau Universitas Negeri Medan
  • Hary Imam Prasetia Universitas Negeri Medan
Kata kunci: kebugaran jasmani, akreditasi, Kota Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah akreditas A dengan sekolah akreditas B di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar di Kota Medan yang berstatus akreditasi A dan B. Sampel penelitian ini diambil secara acak dari populasi tersebut dengan menggunakan metode simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 27 siswa dari sekolah akreditasi A dan 15 siswa dari sekolah akreditasi B, sehingga total sampel penelitian adalah 42 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah akreditas A di Kota Medan secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah akreditas B. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: fasilitas dan sarana olahraga, kurikulum pendidikan jasmani, dan kualitas guru pendidikan jasmani. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani tersebut dapat menjadi perhatian bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di sekolah-sekolah akreditas B di Kota Medan. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani dan kesehatan siswa, serta meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Antonio, G.H., Xavier, O.G., Jorge, E.C.B., Robinson, R.V. (2019). Association Between Bullying Victimization and Physical Fitness Among Children and Adolescents. International Journal of Clinical and Health Psychology, 19, 134-140.
Bloom, Nicholas, and John Van Reenen. 2013. “済無No Title No Title No Title.” NBER Working Papers 9(1): 89. http://www.nber.org/papers/w16019.
Damsir, Daud, Muhamad Idris, and Rury Rizhardi. 2021. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jolma 1(1): 41.
Jasmani, Jurnal Pendidikan. 2022. “1 , 2 , *3.” 3(2): 161–73.
Lismana, O., and Suwarni. 2021. “Pengaruh Latihan SKJ 2018 Terhadap Kebugaran Jasmani Siswi Madrasah Aliyah Ja-AlHaq Di Kota Bengkulu.” Educative Sportive 1(1): 5–10. https://doi.org/10.33258/edusport.v2i01.1373.
Rivai, T M, W Nugraheni, and ... 2022. “Kebugaran Jasmani Dan Self-Regulated Learning: Kondisi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.” Jurnal Educatio FKIP … 8(4): 1335–41. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/3528%0Ahttps://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/3528/2238.
Rizahardi, Rury. 2019. “Perbandingan Kebugaran Jasmani ….( Rury Rizhardi).” Perbandingan Kebugaran Jasmani Antara Sekolah Di Perkotaan Dan Di Pedesaan Studi Kasus Di Sma Negeri 5 Palembang Dan Sma Negeri 2 Banyuasin 2 17(3): 297–304.
Rohmah, Lailatur, and Heryanto Nur Muhammad. 2021. “Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah.” Jurnal Universitas Negeri Surabaya 09(01): 511–19.
Sufa, S. A. (2017). Tren Gaya Hidup Sehat dan Saluran Komunikasi Pelaku Pola Makan Food Combining. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(7), 105-120
Wahyuni, A’Afi, and Hari Wisnu. 2017. “Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2017 Dan Angkatan 2016 FIO UNESA.” : 2.
Widiastuti. 2019. Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Diterbitkan
2024-03-31
Bentuk Sitasi
Bangun, Noel, Nixo Silaban, Stefanus Tarigan, Vivi Alzana, Yuserlin Wau, and Hary Prasetia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 53-61. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2230.
Section
Articles