Perencanaan Peserta Didik Berbasis Nilai-nilai Islam

  • Muhammad Iqbal Sekolah Tinggi Agama Islam As Sunnah Deli Serdang
Kata kunci: Perencanaan, Peserta didik, Nilai-nilai Islami

Abstrak

Konsep perencanaan peserta didik adalah suatu proses yang sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu membentuk peserta didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam Islam, perencanaan peserta didik memiliki kaitan yang erat dengan nilai-nilai Islam. Hal ini karena tujuan pendidikan Islam adalah untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah. Akhlakul karimah merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode tafsir tematik. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa Al-Qur'an memberikan arahan yang jelas terkait manajemen sumber daya manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, di mana tujuan utamanya adalah menggambarkan fenomena atau realitas yang ada tanpa menguji hipotesis atau membuat generalisasi. Fokus penelitian ini bukanlah untuk menguji suatu asumsi, melainkan hanya memberikan gambaran menyeluruh tentang suatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan melalui referensi buku, jurnal, internet, dan sumber bacaan lain yang relevan dengan tema yang dibahas.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aguayo Torrez, Madahi Veronica. 2021. “PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DI SMAN 1 SRENGAT.” Jurnal : Syekh Nurjati 4 (1): 79–94.
Aminuddin, Aminuddin, and Kamaliah Kamaliah. 2022. “Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer.” Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman 8 (1): 56–64. https://doi.org/10.46963/aulia.v8i1.540.
Burhanuddin. 2019. “PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MELALUI KAJIAN TAFSIR AL-QUR’AN DAN ISTIGHOSAH DI SMA ISLAM KARANGPLOSO.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1 (1).
Iqbal, Muhammad. 2020. “Perencanaan Berbasis Nilai Musyawarah Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan.” In FILSAFAT MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, edited by Syafaruddin. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Iqbal, Muhammad, and Didik Santoso. n.d. “Ma ’ Had Aly-Based Arabic Curriculum Management at As Sunnah Islamic College , North Sumatra,” 239–54.
Juwari. 2022. “MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA.” Taklimuna: Journal of Education and Teaching 1 (2): 47–64.
Khairul, Amir. 2022. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak Di TAPAS (Taman Pembinaan Anak Sholeh Darul Qalam).” JURNAL : IDAARAH 4: 7507–16.
Lestari, Sevi. 2022. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4: 1349–58.
Muvid, Muhamad Basyrul, Miftahuuddin Miftahuuddin, and Moh. Abdullah. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembinaan Peserta Didik Dalam Membentuk Watak Kuat-Positif.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6 (1): 115–37. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1703.
Sholeh, Slamet. 2020. “Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Pembinaan Anak Dalam Keluarga Dengan Pengamalan Agama Pada Siswa SMP Swasta An-Nizam.” JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 4 (2): 722–36.
Diterbitkan
2024-04-04
Bentuk Sitasi
Iqbal, Muhammad. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (April 4, 2024): 430-442. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2247.
Section
Articles