Supervisi Manajerial Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mesuji

  • Eko Widiyanto UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Fauzan UIN Raden Intan Lampung
  • Sovia Mas Ayu UIN Raden Intan Lampung
Kata kunci: Supervisi, Manajerial, Kepala Madrasah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervise manajerial yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Mesuji yang berada di kabupaten Mesuji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan Supervisi Manajerial Kepala Madrasah yaitu pertama menetapkan  Tujuan dan Standar supervise manajerial yang akan dilakukan,  kedua melakukan Identifikasi Kebutuhan dalam melaksanakan supervise manajerial, ketiga, menyusun program supervise. 2) Koordinasi dalam rencana program supervisi manajerial yaitu pertama, sosialisasi Pemahaman Visi dan Misi madrasah, kedua Penyusunan Rencana Strategis secara bersama, membangun Komunikasi yang Efektif dengan seluruh tenaga kependidikan.3)Pelaksanaan Supervisi manajerial yaitu: pertama, menyampaikan Waktu pelaksanaan kepada tenaga kependidikan sesuai dengan program yang telah dibuat, kedua berkoordinasi dan komunikasi dengan tim supervise, ketiga, melaksanakan kegiatan Supervisi. 4) Melakukan Penilaian yaitu: pertama Penentuan Tujuan evaluasi/penilaian, kedua melakukan pengumpulan data, ketiga melakukan analisis data, keempat melakukan interpretasi hasil penilaian, kelima, membuat rekomendasi dan keenam mengkomunikasikan hasil supervise manajerial. 5) Pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) kependidikan, yaitu pertama, Pengadaan Sumber Daya Manusia (SDM), kedua mengadakan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), ketiga melakukan evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia (SDM), keempat melakukan motivasi dan penghargaan, kelima peningkatan kesejahteraan dan keenam, menciptakan budaya organisasi yang positif serta ke tujuh pengembangan dan pengelolaan karier.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Bellon, J.J., Bellon, E.C., & Blank, M.A. at al. 1992. Teaching from a research knowledge base: A development and renewalprocess. New York: Macmillan Publishing Company.
Cole, P.G., & Chan, L.K.S. 1994. Teaching principles and practice.2nd Edition. New South Wales, Australia: Prentice Hall.
Cullingford, C.1995. The effective teacher. New York: Cassell.
Kang, S. 2010, Multicultural education and the rights to education of migrant children in South Korea. Educational Review, 62(3), 287-300.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2012. Panduan kebijakan pengembangan guru professional. Jakarta.
Setiadi, R. 2006. Indonesian literacy teachers self-efficacy and its relationship to year 8 student achievements in reading and writing. Thesisi. Melbourne: Monash University.
Solis, A. 2009. Pedagogical content knowledge. Diunduh pada 30 Agustus 2013. [Online]. di www.indra.org/IDRSNewsletters
Ahklaq, Moh. Mahasinul. “Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an”. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL). Vol. 1.1 (2022).
Almanshur, Djunaedi Ghony dan Fauzan. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
Apriliana, Shinta Devi, dan Ertien Rining Nawangsari. “Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi”. Forum Ekonomi. Vol. 23 No. 4 (2021), h. 804–12.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.
Blanchard, Kenneth H., Drea Zigarmi, and Robert B. Nelson. “Situational Leadership”. Journal of Leadership Studies. Vol. 1.1 (1993).
Daulai, Afrahul Fadhila. “TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN ISLAM”. Vol. 7 No. 2 (2017), h. 93–103.
Dkk, Burhanuddin. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas Negeri Malang, 2007.
Dkk, Mulyono. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bendosari Sukoharjo)”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. Vol 1 (2013).
Dkk, Rosi Tiurnida Maryance. Teori dan Aplikasi Supervisi Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
Efendi, Nur. Supervisi Pendidikan Islam (Pembinaan Guru Menuju Profesional dlam Proses Pembelajaran). Yogyakarta: Garudhawaca, 2022.
Euis, Karwati dan Priansa. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2013.
Firdiansyah, Tol’ah Aeni. “Komunikasi Efektif dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis oleh Kepala Madrasah”. Arfannur. Vol. 2 No. 1 (2021), h. 71–85. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.428.
Gary, Dessler. Human Resources Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) Edisi Empa. Jakarta: Indeks, 2015.
George, R, Terry, Leslie W. Rue. Dasar-Dasar Manejemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
H. Muhammad Ramli, Manajemen Stratejik Sektor Publik (Makassar: Alauddin, University, 2014), 260. “Perencanaan Strategis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 1 Nganjuk”. Manajemen Stratejik Sektor Publik. 2014 260.
H.A.T. Soegito, Manajemen Setrategik, UPGRIS PRESS, Semarang, 2015, hlm. 55-64. “No Title”. 2014 11–75.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hasibuan, Malayu S.P. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Hazimah, Nailul. “Supervisi Akademik Pembelajaran Akhlak Bagi Anak Autis di Rumah Terapi Anak Berkebutuhan Khusus di Kudus (Doctoral Dissertation, IAIN KUDUS)”. 2020 12–68.
Jonathan, Sarwono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Keller, Philip dan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2007.
Kependidikan, Direktorat Tenaga. “Panduan Pelaksanaan Tugas Pengawas Sekolah/Madrasah”. Jakarta, 2009.
Kreiter, Carlene Cassidy dan Robert. Supervision: setting people up for success. Mason: South-Western, 2010.
Larasati. “Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan”. Jurnal Artikel. Vol. 1 No. 1 (2019), h. 1–11.
Lexy, Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja, 2002.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.
Diterbitkan
2024-04-04
Bentuk Sitasi
Widiyanto, Eko, Ahmad Fauzan, and Sovia Ayu. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (April 4, 2024): 457-469. Accessed May 29, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2249.
Section
Articles