Integrasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran PKn untuk Membentuk Karakter Siswa SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i4.3031Abstract
Penelitian ini membahas tentang cara menggabungkan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) agar bisa membentuk karakter siswa SD/MI. Masalah yang dibahas adalah kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran, sehingga memengaruhi pembentukan karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis metode yang efektif untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKN agar karakter siswa bisa meningkat. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mempelajari berbagai sumber terkait pembelajaran PKN dan penerapan nilai Pancasila di tingkat pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan nilai Pancasila dalam materi dan metode pembelajaran PKN sangat penting untuk membentuk karakter yang beriman, bertanggung jawab, dan disiplin. Pembelajaran yang disusun secara kontekstual dan aplikatif bisa membantu siswa lebih sadar tentang pentingnya nilai-nilai dasar bangsa. Hasil ini menyarankan kepada para guru untuk secara teratur mengintegrasikan nilai Pancasila dalam setiap kegiatan belajar PKN agar karakter siswa semakin kuat dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Abstract
This study discusses how to integrate Pancasila values into Civic Education (PKN) lessons in order to shape the character of elementary school/MI students. The problem discussed is the lack of understanding and application of Pancasila values in learning, which affects the character building of children. The purpose of this study is to analyze effective methods for integrating Pancasila values into PKN learning so that students' character can improve. The method used is a literature study by examining various sources related to PKN learning and the application of Pancasila values at the elementary education level. The results show that integrating Pancasila values into PKN learning materials and methods is very important for shaping a character that is faithful, responsible, and disciplined. Contextual and applicable learning can help students become more aware of the importance of the nation's basic values. These results suggest that teachers should regularly integrate Pancasila values into every PKN learning activity so that students' character becomes stronger and in line with national education goals.
Downloads
References
As, S., & Putri, S. M. (2025). Peran Pendidikan Pancasila Sebagai Pembentuk Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. 10.
Dita, T., Latifa, P., Prastowo, A., & Kewarganegaraan, P. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendididkan Kewarganegaraan di SD / MI. 4(1), 27–32.
Fierna, M., Lusie, J., Faniya, P., Helna, P., Krisnaufal, S., Pamulang, U., & Banten, P. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. 7(2), 1983–1988.
Hamidah, L., & Mas’ud, S. (2025). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-. 1(1), 9–16.
Kewarganegaraan, J., Putri, F. A., Dewi, D. A., & Indonesia, U. P. (2022). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI NILAI-NILAI PANCASILA. 6(1), 1581–1587.
Kusuma, B. N., Nur, A., Arif, I., & Raditya, A. (2025). Jurnal Penelitian Nusantara Problematika Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Era Globalisasi Digital Di Sekolah Dasar Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara. 1, 432–437.
Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 5328–5335.
Sasi, F., Bujang, M., Seran, P., Nur, S., & Zega, Y. (2025). Educatum : Jurnal Dunia Pendidikan. 2(2), 153–166.
Tunnisa, Z. (2024). Pengaruh Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fika Nurul Hidayati, Husni Mubarok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







