Kontribusi dan Desain Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Seni Budaya di STITNU al Hikmah Mojokerto

  • Sumartini Rahaju Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: kontribusi, desain, mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI, pembentukan karakter mahsiswa, STITNU Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Penelitian dilakukan di STITNU Al Hikmah Mojokerto. Tujuannya untuk (1) mendeskripsikan karakter yang dikontribusikan mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto (2) mendeskripsikan proses pembelajaran mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto dalam membentuk karakter mahasiswa kelas A semester V di  mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto. (3) mendeskripsikan desain kegiatan yang dirancang Ketua STITNU Al Hikmah Mojokerto berkaitan dengan Pendidikan Seni Budaya rangka penanaman pendidikan karakter di STITNU Al  Hikmah Mojokerto.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI dalam membentuk karakter mahasiswa kelas A semester  PGMI tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto. Subjek penelitian yaitu seorang dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto, 32 mahasiswa kelas A semester V tahun ajaran 2017/2018, dan  seorang Ketua di STITNU Al Hikmah Mojokerto. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI yang  memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter mahasiswa PGMI semester V tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto berupa nilai spiritual, nilai santun, nilai jujur, nilai cinta damai. (2) mata kuliah Pendidikan Seni Budaya di PGMI dalam membentuk karakter mahasiswa tahun pelajaran 2017/2018 di STITNU Al Hikmah Mojokerto melalui materi eksplorasi seni tari, seni rupa dan seni musik yang mengintegrasikan pendidikan karakter, secara implisit pada materinya maupun pembiasaan-pembiasaan kegiatan positif.  (3) Mengungkap bagaimana desain kegiatan yang dirancang oleh Ketua STITNU Al Hikmah berkaitan dengan pendidikan seni budaya dalam rangka penanaman pendidikan karakter di STITNU Al  Hikmah Mojokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Amirin, Tatang M, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Burke, John W. (ed). 1995. Competency Based Education and Training. London, Newyork, Philadelphia: The Falmer Press.
Dewantara, Ki Hadjar. 1977. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Damiyati Zuchdi, dkk.2013.Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah.Yogyakarta: Multi Presindo
Gaffar, Mohammad Fakry. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Islam. (Disampaikan pada Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama, 08-10 April 2010 di Yogyakarta).
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Muhaimin, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi untuk Sekolah Menengah Karawitan Indonesia. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Soedarsono. 2002. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Santrock, W. J. 2003. Adolecent, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga Tim Pengembang Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Belmawa-Dikti. P3
Supriyanto, D. (2015) “Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2).
UGM. 2014Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta: Armas Duta Jaya.
Web.stitnualhikmah.ac.id
Diterbitkan
2018-09-12
Bentuk Sitasi
Rahaju, Sumartini. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (September 12, 2018): 112-133. Accessed December 13, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/311.
Section
Articles