Integrasi Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam Pembelajaran Tematik

  • Nadhifah Nadhifah STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam Multikultural, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Pembelajaran tematik dilaksanakan di Madarasah Ibtidaiyah berdasarkan kurikulum 2013. Kurikulum tersebut memadukan beberapa materi pelajaran di kelas tinggi yaitu IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, dan SBdP. Keragaman masyarakat dari unsur sosial, budaya, etnis, dan agama sebagai identitas bangsa Indonesia perlu dieratkan melalui kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini menjadi penting dalam penelitian ini yakni integrasi Pendiddikan Agama Islam multikultural dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Kabupaten Mojokerto. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian integrasi Pendiddikan Agama Islam multikultural dalam pembelajaran tematik serta apa faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian integrasi Pendiddikan Agama Islam multikultural dalam pembelajaran tematik sesuai dengan rencanaan pelaksanaan pemebelajaran (RPP) dengan faktor pendukung yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran sudah disiapkan oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung; guru memiliki kemampuan memilih mata pelajaran agama yang sesuai dengan pembelajaran tematik; siswa sudah terbiasa dengan melakukan pembelajaran diskusi di kelas, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sesuai perencanaan pembelajaran; sumber pembelajaran mudah didapatkan karena guru menugaskan perkelompok. Selain faktor pendukung, ada faktor penghambat integrasi Pendidikan Agama Islam multikultural dalam pembelajaran tematik. Faktor tersebut yaitu pengalokasian waktu pembelajaran yang kurang optimal. Pembelajaran tematik menguraikan tiga materi dalam setiap pembelajaran (pertemuan).

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ainul Yaqin, M. Pendidikan Multikultural: cross-Cultural Understan untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta, 2005.
Aqib, Zainal. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya, 2009.
Azra, Azyumardi. “ Pendidikan Multikultural: Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika,” 03 September, 2003.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta, 2006.
Maksum, Ali. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing, 2011.
Moloeng, Lexy J. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Muhaimin, Sutiah, dan Sugeng Listyo Prabowo. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Mulyasa, Enco. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Muslih, Masnur. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Wirjokusumo, Iskandar. dan Soemardji Ansori. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora (Suatu Pengantar), Surabaya: Unesa University Press, 2009.
Diterbitkan
2019-03-27
Bentuk Sitasi
Nadhifah, Nadhifah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (March 27, 2019): 89-117. Accessed April 26, 2019. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/406.
Section
Articles