Efektifitas Penggunaan Media Zoom Siswa Kelas V SDN Sumberejo II Surabaya

  • Muhammad Yusuf Effendi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: efektivitas, media, zoom, siswa sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan media zoom pada materi peristiwa lahirnya pancasila siswa kelas V SDN Sumberejo II Surabaya, Untuk mendeskripsikan respon penggunaan media zoom pada materi peristiwa lahirnya pancasila siswa kelas V SDN Sumberejo II Surabaya, untuk mendeskripsikan kendala–kendala yang ditemukan saat penggunaan media zoom pada materi peristiwa lahirnya pancasila di SDN Sumberejo II Surabaya. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alir oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru telah memanfaatkan media zoom sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia berjalan dengan sangat efektif. Dari hasil angket lebih dari 80% siswa senang dan mudah belajar menggunakan zoom, dari hasil wawancara dengan guru juga didapat bahwa pembelajaran menggunakan zoom lebih mudah dan dapat memantau proses belajar siswa.

Referensi

Agung Tri Wibowo. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlah dan Mengurangi Pecahan Siswa Kelas V SD Negeri Gilirejo 3Kabupaten Sragen TahunAjaran 2010/2011. Skripsi. Mahasiswa S1 FKIP UNS.
Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Amalia, Ema, and Ibrahim Ibrahim. 2017. “Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dengan Mengunakan Metode Demonstrasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba”. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 3 (1), 98-107. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1380.
Baroh. 2010. Efektifitas Metode Simulasi Pada Materi Peluang Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya.
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020
Dasopang, Muhammad Darwis dan Aprida Pane. (2017). Belajar dan Pembelajaran. IAIN Padangsidimpuan. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 3.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dr. Nana Sudjana (2019) Media Pengajaran, cetakan Ke-14, Penerbit :Sinar Baru Algesindo
Kaelan, 2015, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (covid-19) pada Satuan Pendidikan
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (covid-19)
MB AL AMIN · (2017) Pengertian Media Pembelajaran.http://repository.unpas.ac.id/30990/6/12.%20BAB%202.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Nurcita B, Susantiningsih T. Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. J Borneo Holist Heal.2020;3(1):58–68.
Purwati. 2015. Efektifitas pendekatan creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM). Vol. 1/No.1/april 2015 ISSN: 977-2442-8780-11
Ratu, Simha, A., Prasad, R. V., & Narayana, S. (2020). A simple Stochastic SIR model for COVID 19 Infection Dynamics for Karnataka: Learning from Europe. March. http://arxiv.org/abs/2003.11920
Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314.
Sjafroedin Bahar, dkk. (ed), 2015, Risalah Sidang-Sidang BPUPKI dan PPKI, Jakarta: Sekretariat Negara RI
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Wibawanto, T. (2020). Pemanfaatan Video Conference Dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Jauh Dalam Rangka Belajar Dari Rumah. Journal.
Diterbitkan
2021-08-20
Bentuk Sitasi
Effendi, M. (2021, August 20). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Siswa Kelas V SDN Sumberejo II Surabaya. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 5(1), 76-82. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/859