Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Intensitas Bimbingan Belajar dalam Kurikulum Merdeka Belajar

  • Sudirman Sudirman IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo

Abstrak

PAI merupakan mata pelajaran yang dipelajari di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sampai jenjang perguruan tinggi. Keberadaan ilmu PAI begitu penting bagi perkembangan peserta didik untuk meningkatkan prestasinya, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lain.

Untuk mencapai prestasi belajar yang optimal maka harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Proses pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan belajar intensif terhadap capaian akademis siswa kelas IV Mata Pelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Belajar di MI Salafiyah Syafi’iyah IIâ€

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis paired sampel t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 44 siswa dan sampelnya sebesar 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Samplingâ€. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan berperan serta dan tes ujian. Teknik analisis data menggunakan paired sampel t-test untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah bimbingan belajar untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar intensif terhadap prestasi belajar PAI.

Dari hasil analisis data diketahui terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai PAI sebelum mendapatkan bimbel intensif dan sesudah mendapatkan bimbel intensif. Program bimbingan belajar intensif dapat mengatasi siswa yang tidak tuntas belajar guna mencapai ketuntasan belajar siswa serta dapat membantu siswa yang memiliki kemampuan rendah,  maka ada pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan belajar intensif terhadap capaian akademis siswa kelas IV mata pelajaran PAI di MI Salafiyah Syafi’iyah II.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan pada pihak sekolah terutama guru agar bimbingan belajar intensif dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk membantu siswa mencapai ketuntasan belajar karena pada bimbingan belajar intensif siswa yang belum tuntas belajar akan mendapatkan lagi penjelasan materi yang sudah diajarkan. Bagi peneliti yang akan datang, apabila akan menggunakan variabel yang sama dalam penelitiannya disarankan agar mengambil jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil penelitian tersebut bisa bermanfaat bagi banyak pihak.

Referensi

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, t.tt.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
----------------. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
H. Schunk, Dale. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sholichin, Muchlis. 2013. Pengelolaan Pembelajaran: Aplikasi Paradigma, Pendekatan, dan Strategi Pembelajaran.
-------------. 2006. Buku Ajar Psikologi Belajar PAI. Pamekasan: STAIN Pamekasan Press.
Sukardjo. 2012. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukardjo, M. & Ukim Komarudin. 2012. Cet.IV. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Surya, Mohamad. 2013. Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyono & Hariyanto. 2014. Cet.4. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1, No. 1 (March 18, 2014)
Thobroni, M. Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktek. 2015. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, No. 1
Diterbitkan
2022-11-29
Bentuk Sitasi
Sudirman, S. (2022, November 29). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Intensitas Bimbingan Belajar dalam Kurikulum Merdeka Belajar. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 228-243. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1605
Section
Articles