Pengaruh Mindfulness Islami dalam Pendidikan Agama Islam terhadap Regulasi Emosi Siswa di Era Teknologi
Abstrak
Di era digital yang serba cepat, siswa menghadapi berbagai tekanan akademik dan sosial yang dapat mempengaruhi regulasi emosi mereka. Mindfulness Islami, sebagai bentuk kesadaran penuh berbasis nilai-nilai Islam, diyakini dapat membantu siswa mengembangkan keseimbangan emosional yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mindfulness Islami dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap regulasi emosi siswa di era teknologi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi, melibatkan siswa sekolah menengah yang mendapatkan intervensi mindfulness Islami dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness Islami memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi siswa, terutama dalam aspek pengelolaan stres, pengendalian impuls, dan peningkatan kesejahteraan psikologis. Temuan ini memberikan kontribusi baru dalam kajian pendidikan Islam dan psikologi positif dengan menawarkan pendekatan berbasis agama dalam membantu siswa menghadapi tantangan era teknologi.
Referensi
Al-Ghazali. (2017). Ihya Ulumuddin: Konsep Tazkiyah al-Nafs dalam Islam. Penerbit Al-Bayan.
Anwar, H. (2022). “Mindfulness Islami dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Mental di Era Digital.” Jurnal Psikologi Islami, 4(2), 88-102.
Fauzi, A., & Rachmawati, D. (2020). Pendidikan Islam di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Bandung: Alfabeta.
Hakim, L. (2020). “Teknologi dan Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 45-60.
Hasanah, U., et al. (2023). The Role of Islamic Mindfulness in Enhancing Students’ Emotional Regulation. Journal of Islamic Education and Psychology, 6(1), 45-62.
Hasanah, U., Rahayu, S., & Setiawan, H. (2023). “Implementasi Mindfulness Islami dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(2), 105-120.
Kurniawan, D. (2021). “Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Spiritualitas Islam.” Jurnal Pendidikan dan Psikologi Islam, 5(4), 90-105.
Nurhayati, R. (2021). “Penerapan Dzikir sebagai Strategi Mindfulness Islami dalam Mengelola Stres.” Jurnal Studi Islam dan Psikologi, 6(3), 110-125.
Prasetyo, A., & Arifin, M. (2022). “Mindfulness Islami dan Regulasi Emosi dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 45-60.
Prasetyo, R., & Arifin, M. (2022). The Impact of Mindfulness-Based Islamic Practices on Student Mental Health. International Journal of Islamic Studies and Education, 10(2), 112-128.
Rahman, A. (2021). Neuroscience and Dhikr: The Psychological Impact of Repetitive Religious Practices. Journal of Islamic Psychology, 8(3), 112-128.
Rahman, A., & Sari, N. (2021). Digital Stress and Islamic Coping Strategies: A New Paradigm in Islamic Psychology. International Journal of Islamic Pedagogy, 5(1), 87-102.
Rahman, F., & Sari, P. (2021). “Teknologi Digital dan Tantangan Regulasi Emosi Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 10(3), 175-190.
Ramadhani, F. (2022). “Penerapan Mindfulness Islami dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Riset Pendidikan Islam, 8(2), 120-135.
Santoso, E. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jakarta: Rajawali Pers
Siregar, T. (2022). “Efektivitas Program Mindfulness Islami dalam Meningkatkan Kesejahteraan Emosional Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam dan Psikologi Sosial, 9(1), 65-80.
Syahrani, A. (2021). “Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Teknologi dalam Membangun Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam Berkelanjutan, 7(2), 55-70.
Yusuf, M. (2020). Psikologi Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulkifli, R. (2019). “Mindfulness dalam Perspektif Islam: Kajian Teoritis dan Implementasinya.” Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 33-48.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.