Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw pada Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa Kelas XII MIPA 6 di SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Samsuari Samsuari SMA Negeri I Gedeg Kabupaten Mojokerto
Kata kunci: Biologi, pembelajaran kooperatif model Jigsaw, pertumbuhan dan perkembangan

Abstrak

Kekawatiran bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam dalam penggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab. Metode pembelajaran gotong royong distruktur sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota dalam satu kelompok melaksanakan taanggung jawab pribadinya karena ada sistem akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin perbaikannya.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Biologi dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan Pertumbuhan dan perkembangan pada siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap hasil belajar BiologiĀ  siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Biologi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pokok bahasan Pertumbuhan dan perkembangan pada siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa Pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I (71,11%), siklus II (82,22%), Siklus III (91,11%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi .

Referensi

Ardana, Wayan. 1980. Beberapa Metode Statistik Untuk Keperluan Penelitian Pendidikan. Malang: Swadaya.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Reksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Dirjen Dikti.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasasi. Banjarmasin.
Djamrah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Combs. Arthur. W. 1984. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari. Banjarmasin
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan, J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kusnadi, Didik Priyantoko. 2007. BIOLOGI untuk SMA dan MA Kelas XII,Jakarta. Piranti Darma Kalokatama.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman. A. M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Soekmoto, toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: Pau-PPAI, Universitas Terbuka.
Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tri Haryanto, Winarti. 2010. Buku Panduan Pendidik Biologi untuk SMA/MA Kelas XII, Klaten: Intan Pariwara.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wetherington. H.C. and W. H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Diterbitkan
2019-11-29
Bentuk Sitasi
Samsuari, S. (2019, November 29). Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw pada Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa Kelas XII MIPA 6 di SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 1-26. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/506
Section
Articles