Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia
Abstrak
Perjalanan panjang pendidikan Islam telah mewarnai hiruk-pikuk model pendidikan Islam di berbagai wilayah, terutama di Indonesia sendiri pendidikan Islam turut mengambil momentum gejolak dan pembaharuan di berbagai belahan wilayah Islam lainnya. Pengaruh tersebut telah memberikan dampak yang cukup signifikan untuk menyebutnya terjadi perubahan, baik dalam ranah ideologis maupun praktis. Tentu gejolak demikian telah mewarnai proses reformasi dan menentukan arah pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia, sehingga disisi lain kadangkala terjadi resistensi yang menggambarkan betapa dinamisnya perjalanan pendidikan Islam di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari beragamnya model pendidikan Islam yang telah mengakar bertahun-ahun lamanya, bahkan disinyalir benih-benih lembaga pendidikan Islam telah tumbuh subur beberapa abad silam.
Referensi
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III, (Jakarta: Kencana, 2012)
Daya, Burhanuddin, Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam; Kasus Sumatera Thawalib, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1995)
M. Shabir U, Kebijakan Pemerintah dan PengaruhnyaTerhadap Pendidikan Islam di Indonesia, dalam Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 16 No. 2 Desember 2013
Minhaji, Ach, Sejarah Sosial dalam Studi Islam, (Yogyakarta: Suka Press, 2012)
Nata, Abudin, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)
Steenbrink, Karel A, Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad Ke-19, (Jakarta: Bulan Bintang, 1984)
, Pesantren, Madrasah, Sekolah, (Jakarta: LP3ES, 1974)
Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Fadila Tama, 2011)
, Fazlurrahman; kajian Terhadap Metode, Epistemologi dan Sistem Pendidikan, (Jogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)
Sirozi, Muhammad, Agenda Strategis Pendidikan Islam, (Yogyakarta: AK Group, 2004)
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003