Manajemen Pengawasan pada Program Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sidoarjo

  • Fathoni Fathoni IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo
Kata kunci: Bahasa Arab, Manajemen, Pembelajaran

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang konsep manajemen pengawasan bahasa Arab. Untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab yang telah direncanakan oleh suatu lembaga termasuk madrasah, tentunya membutuhkan manajemen pengawasan bahasa Arab yang baik yang selaras dengan makna dari manjemen itu sendiri yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/ pengarahan dan pengawasan/ evaluasi sehingga diharapkan tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai secara optimal. Dalam artikel ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menyajikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal dan menyajikan informasi dasar mengenai suatu hubungan serta mengeksplorasi mengenai suatu fenomena dan kenyataan sosial. Berdasarkan pembahasan yang telah ditulis, maka penulis memberikan garis besar bahwasannya pengelolaan merupakan usaha untuk mengelola pembelajaran bahasa Arab yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.

Referensi

Al-Asaaf, N. M. (2015). Methods of Teaching Arabic for Speakers of Other Languages - between Theory and Practice. Journal: Dirasat al Ulum al Insaniyah wa al Ijtimaiyah, 42(1), 155-164.
Amrullah, A. K., & AlFegeh, Z. M. M. (2016). Nadhmu al Ma‟lumat al Idariyah al Tarbawiyah. Abjadia: International Journal of Education, 1(1), 63-69.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan(2thed.) Jakarta: Bumi Aksara.
Badrudin. (2017). Manajemen pengawasan Bahasa Arab Berbasis TIK di Madrasah Aliyah Daarul Uluum Majalengka. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 155-167. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-08
Bakhir, M. (2009). Isykaliyyat Nadhariyah wa Tathbiqiyah fi Ta‟limi al Lughah al „Arabiyah li an Nathiqina bi Ghairiha. Majallah al Islam fi Asiya, 6(1), 63-88.
Fattah, N. (2017). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hasibuan, Malayu S.P. 2007, Manajemen; Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jauhar, N. I. (2007). Ittijahat Jadidah fi Majali Ta‟lim al Lughah al „Arabiyah fi Indunisiya. Journal of Indonesian Islam, 1(2), 420-441.
Lee, O. L. (2010). Pengertian Manajemen. Yogyakarta: Balai Pembinaan Administrasi UGM.
Purwanto, N. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Raswan. (2017). Tamyiz: Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur‟an. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 18-28
Roviin. (2017). Teacher‟s Management in Arabic Instruction. Jurnal Ta’dib, 20(2), 176-187.
Sa’diyah, Zaimatus. 2016. ‚Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab di STAIN Kudus (Upaya untuk Menemukan Bentuk Ideal Pengajaran Bahasa Arab)‛, Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 2.
Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Stratejik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sisk, Henry L. 1969, Principles of Management a System Approach to The Management Proses, Chicago: Publishing Company.
Stevenson, A. (2010). Oxford Dictionary of English. Oxford: Oxford University Press.
Sugiono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman, H. (2010). Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyoko, Putro Eko. 2017. Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diterbitkan
2020-11-29
Bentuk Sitasi
Fathoni, F. (2020, November 29). Manajemen Pengawasan pada Program Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sidoarjo. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 118-126. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/741
Section
Articles