Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember

  • Rina Sugiarti Dwi Gita IKIP PGRI Jember
Kata kunci: Pembelajaran, Sains, Tanaman, Berbasis Alam

Abstrak

Peningkatan pembelajaran Sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tumbuhan berbasis alam di Taman Kanak-kanak TK Ar-Rahim Jember masih jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari kreativitas anak yang kurang berkembang dan rendahnya kemampuan sains berbasis alam yang diduga kurangnya metode bervariasi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan sains dengan pembelajaran yang cenderung membosankan sehingga anak tidak bersemangat di dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran  sains melalui pengenalan bagian tumbuhan pada anak usia dini. Teknik pengambilan data menggunakan  teknik analaisis data dengan rumus persentase. Lembaran observasi, Anak tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baru, karena bahan yang digunakan hanya dari kertas warna dan memanfaatkan krayon saja, sehingga anak merasa jenuh dan kurang tertarik dalam melakukan kreativitas dengan baik. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran anak melalui pengenalan bagian dari tanaman. Tujuan Penelitian ini adalah: 1)Ingin meningkatan pembelajaran sains Anak Usia Dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam; 2)ingin mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang diajarkan mulalui pendekatan melalui pembelajaran sains berbasis alam. Dalam penelitian ini  menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis data  dapat disimpulkan:1) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalanan  bagian tanaman dapat meningkatkan  kualitas pembelajaran, baik kualitas proses maupun kualitas hasil, kualitas proses dapat dilihat dari peningkatan keaktifan  peserta didik dari siklus satu dan siklus dua. Begitu juga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua yang sangat siknifikan.  2) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagaian tanaman mampu meningkatkan  kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.

Referensi

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Anita.Yus 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Kharisma Putra Utama.
Agus Soejiono, 2003 Ilmu Pendidikan Alam , Bandung: CV Ilmu.
Carin dan Sund. (1993). Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: PT. Bina. Karya
Hamzah Uno dan Satria Koni.Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2012
Hurlock. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Linda, Campbell 2006. Metode praktis pembelajaran berbasis multiple. Depok : Intelegences : Intuisi Press
Masitoh,dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: UT
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di TK. Jakarta: Rineka Cipta
Nugraha, Ali.2008,Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini.Bandung
Octarina, N. F., Wajdi, M. B. N., Setiawan, M. I., Sukoco, A., Purworusmiardi, T., & Kurniasih, N. (2017). Tinjauan terhadap UU ITE untuk Penerapan Rekam Medis Berbasis Online pada Penduduk Muslim di Indonesia. AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 5(2), 78–94.
Setiawan, M. I., Surjokusumo, S., Ma’soem, D. M., Johan, J., Hasyim, C., Kurniasih, N., Sukoco, A., et al. (2018). Business Centre Development Model of Airport Area in Supporting Airport Sustainability in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, p. 12024). IOP Publishing.
Samsul Yusuf 2003. Psikologi Perkembangan Anak Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suastra, I.W. 2005. Merekonstruksi Sains Asli (Indigenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya Lokal di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 38 (3): 377-396.
Diterbitkan
2018-02-06
Bentuk Sitasi
Dwi Gita, R. (2018, February 6). Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 86-93. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/139
Section
Articles