Hubungan Penggunaan E-Learning dengan Motivasi Belajar Siswa TK di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur

  • Cut Arini Kamila Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Atin Fatimah Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fahmi Fahmi Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa
Kata kunci: E-learning, Motivasi Belajar, Siswa TK

Abstrak

Salah satu pemicu agar memotivasi siswa untuk belajar adalah dengan menariknya media dan model pembelajaran guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan penggunaan e-learning dengan motivasi belajar siswa di tk se-kecamatan duren sawit, jakarta timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk mengetahui hubungan antara penggunaan e-learning dengan motivasi belajar siswa TK kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada guru-guru sekolah TK yang ada di kecamatan duren sawit. Subjek penelitian adalah 30 siswa TK yang berada di kecamatan duren sawit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning dan motivasi belajar siswa Tk berhubungan secara positif dengan kategori rendah. Hal  dibuktikan dengan pearson correlation sebesar  0,364.  Hal ini berarti memiliki tingkat hubungan rendah karena berada pada interval kategori 0.200-0,400.

Referensi

Bose, K. (2003). An e-learning experience – a written analysis based on my experience in an e-learning pilot project. Campus-Wide Information Systems, 20(5), 193–199. https://doi.org/10.1108/10650740310507399
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran.
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Nurhamidah, N., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru PAUD di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 666–675.
Purnomo, H. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sharin, A. N. (2021). E-learning During Covid-19: A Review of Literature. Jurnal Pengajian Media Malaysia, 23(1), 15–28. https://doi.org/10.22452/jpmm.vol23no1.2
Sulistyorini, S. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Bose, K. (2003). An e-learning experience – a written analysis based on my experience in an e-learning pilot project. Campus-Wide Information Systems, 20(5), 193–199. https://doi.org/10.1108/10650740310507399
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran.
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Nurhamidah, N., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru PAUD di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 666–675.
Purnomo, H. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sharin, A. N. (2021). E-learning During Covid-19: A Review of Literature. Jurnal Pengajian Media Malaysia, 23(1), 15–28. https://doi.org/10.22452/jpmm.vol23no1.2
Sulistyorini, S. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Diterbitkan
2023-01-05
Bentuk Sitasi
Kamila, C., Fatimah, A., & Fahmi, F. (2023, January 5). Hubungan Penggunaan E-Learning dengan Motivasi Belajar Siswa TK di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 37-44. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1509
Section
Articles