Pengembangan Media Kotak Menggunting untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun

  • Fara Astari Ulfa Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Reza Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Media Pembelajaran, Menggunting, Keterampilan Motorik Halus

Abstrak

Keterbatasan dalam pemberian stimulasi yang tepat pada perkembangan motorik halus anak, akan berdampak secara langsung dalam proses kegiatan belajar di  sekolah. Seperti kegiatan menulis yang sangat erat dilakukan setiap hari saat pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media kotak menggunting yang dapat menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Metode yang dilakukan pada penelitian menggunakan R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Desain media pembelajaran kotak menggunting menggunakan berbagai macam bahan – bahan seperti kertas bufallo, kertas art paper, kertas foam dan spons ati. Hasil uji validasi ahli materi diperoleh sebesar 75% yang dinyatakan layak digunakan dengan revisi dan ahli media sebesar 90% yang dinyatakan layak digunakan tanpa revisi. Subjek yang digunakan pada uji coba yaitu pada 8 anak usia 4-5 tahun, penerapan media kotak menggunting menunjukkan hasil 1) anak memiliki keluwesan dan kekuatan jemari yang lebih baik, 2) anak mampu menggunting pola garis lurus, zig-zag dan lengkung dengan tidak terputus, 3) anak mampu memegang gunting dengan tepat, 4) anak memiliki postur tubuh yang baik saat menggunting, 4) anak sudah tidak takut lagi ketika memegang gunting. Hasil uji keefektifan media kotak menggunting yang telah diuji menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan hasil signifikan sebesar 0,012 lebih kecil dari 0,05, bahwa ada pengaruh penggunaan media kotak menggunting. Sehingga kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu media kotak menggunting dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Referensi

Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Aminatus Saadah, D., & Komalasari, D. 2018. Pengaruh Kegiatan Menggunting Media Kertas Buffalo Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ihyaul Ulum Lamongan. PAUD Teratai.
Branch, R. M. 2009. Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Acuan Menu Pembelajaran Pada Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini
Endang, Mulyatiningsih, 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hamid, L. 2020. Tahapan Menggunting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-6 Tahun. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(1), 2020.
Folio M, RR F. 2000. Peabody Developmental Motor Scales, (PDMS-2). 5th e. Los Angeles: Western Psychological Service
Indriyani, F. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A Tk Aba Gendingan Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 564, 1–73.
Kholidah Z, A., & Reza, M. 2018. Pengaruh Seni Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok a Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Surabaya. PAUD Teratai, 7(3).
Montolalu dkk. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nafisa, F., & Widayati, S. 2018. Pengaruh Tahapan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik.
Nurlaela, L. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Di di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.
Nuryana, E., & Reza, M. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Berwarna Pada Kelompok Bermain Putra Bangsa Dlanggu. PAUD Teratai, 3(3).
Parkerton, Michelle. 2020. Teaching Preschoolers to Use Scissors. Moms Magazine (Online). (https://www.moms.com/teachingpreschoolers-scissors/ diakses 27 Desember 2020).
Permendikbud No 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Riduwan. 2013.Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian.Bandung:Alfabeta
Robbi’atna, L., & Subrata, H. 2019. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Bergambar pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kebraon 1436 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2515-2524
Rohmatul Maulidiya, & Dewi Komalasari. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 10.
Rohmiyati, R. 2016. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menggunting Di Paud Nurul Ishlah Mataram Tahun Ajaran 2014-2015 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Rusdiani, N., & Adhe, K. 2019. Pengembangan Buku Panduan Menggunting Pada Pembelajaran Di TK Pengembanagn Buku Panduan Menggunting Pada Pembelajaran di TK Nurtina Irsad Rusdiani. Jurnal PAUD Teratai, 8.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (p. 297). Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Bambang, dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Cetakan 8. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional.
Uce, L. 2017. The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.
Wenny Nur Maf’ula, & Dra. Nurhenti D.S., M. S. 2021. Pengaruh Kegiatan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Paud Modern Al-Rifa’ie Desa Ketawang Kecamatan Gondanglegi Malang. Digital Library UNESA.
Wiggins, Kimberly. The Importance of Teaching Your Child How To Use Scissors. 2005. Juli 2022.http://www.gandetherapies.com/PDF%20Files/TheImportanceofTeachingYourChildHowToUseScissors.pdf
Yudha M Saputra dan Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Diterbitkan
2023-06-20
Bentuk Sitasi
Ulfa, F., Reza, M., Komalasari, D., & Widayanti, M. (2023, June 20). Pengembangan Media Kotak Menggunting untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 223-236. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1725
Section
Articles