Pengaruh Pembelajaran Tari Tradisional Rampak Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Taman Kanak Kanak Kabupaten Nganjuk.

  • Linda Dwiyanti PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Widi Wulansari PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Tari Tradisional Rampak terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Kabupaten Nganjuk . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik Taman Kanak-kanak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Nganjuk dan TKIT Baitul’Izzah Nganjuk. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan ditentukan 2 kelas B1, B2 pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Nganjuk dan TKIT Baitul’Izzah Nganjuk sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mengukur perkembangan kemampuan Motorik Kasar. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik parametrik Paired t-test. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel yang diambil berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai varians antar kelompok sama (homogen). Menurut hasil perhitungan diperoleh nilai t = 7,551 dengan nilai sig. = 0,0001. Perbedaan nilai mean antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 2,350. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Tari Tradisional Rampak  mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Kabupaten Nganjuk.

Diterbitkan
2017-01-06
Bentuk Sitasi
Dwiyanti, L., Wulansari, W., & Raharjo, I. (2017, January 6). Pengaruh Pembelajaran Tari Tradisional Rampak Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Taman Kanak Kanak Kabupaten Nganjuk. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1). Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/203
Section
Articles