Pemanfaatan Media Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini ( Urgensi Media Berbasis Komputer pada Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf )
Abstrak
Kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun TK Alfaradis sidoarjo belum dapat berkembang secara optimal karena guru menggunakan metode kurang bervariasi dan tidak diikuti dengan pemberian stimulasi (merangsang) motivasi pada anak. Jika pembelajaran relevan dengan dunia anak, mereka akan dengan senang hati anak bertahan dalam kegiatan itu dan termotivasi untuk mempelajarinya. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk memberi kesempatan kepada anak untuk melihat bagaimana membaca dan menulis itu bermanfaat sebelum mereka dibelajarkan bentuk dan nama huruf. Hal itu seharusnya bermakna bagi anak artinya huruf tersebut harus dimanfaatkan oleh anak dalam kehidupan riil sehari-hari, yaitu dengan pemberian rangsangan untuk memotivasi anak mengenal huruf dengan memanfaatan media komputer. Belajar dengan media komputer melahirkan suasana yang menyenangkan karena anak dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuan, gambar berwarna dan suara yang muncul membuat anak tidak cepat bosan, merangsang belajar lebih tekun, kreatif dan mandiri. Pemanfaatan media komputer merupakan salah satu alternatif media yang digunakan dalam melakukan pembelajaran agar lebih menyenangkan anak usia dini.
Referensi
Arsyad,A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Bambang Y. 2008. Pengantar teori belajar bahasa.Surabaya:Unesa Press
Benny A.Pribadi. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Dina Rakyat
Cannor,Carol MCDonald,Marrison,Frederick.J and Katch Leslie E.2004. “Beyond The reading wars exploring the effect of child scientificâ€.Studi of growth in early Reading scientific studies of reading.V8 N4 P305-336
Daryanto. 2013. Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava media
Direktorat pendidikan dasar dan menengah. 2010. Kurikulum TK/RA Standar kompetensi departemen pendidikan nasional. Jakarta: Depdikbud
Diane Trister Dodge,Laura J Colker,2001. The Creative Curriculum for early chilhood. Woshington DC.Teaching Strategis.inc
Ervania Yafie dkk. 2013. â€Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada bidang Sains tematik binatang untuk anak kelas B di TKN Tlogowaru Malangâ€. Kajian teori dan Pratek pendidikan anak usia dini .Vol 1 no 1.juni 2013.pp1-7
Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat pembinaan TK dan SD. 2010. Kurikulum Taman kanak-kanak pedoman pengembangan silabus. Jakarta: Depdikbud
Lydia Plawman and Christino Stephen. 2005 “Children play and computer in Preschool Educationsâ€British Journal of Educational.vol 36 no 2. 2005.pp.145-157
Ratna Dwi Ade. 2014. â€Pengembangan media video pembelajaran untuk mengenalkan huruf dan Bilangan pada anak usia diniâ€. Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negri Surabaya
Syahrul Ismet. 2013. “Urgensi permainan komputer stimulasi perkembangan anak usia diniâ€. Studi Kualitatif di Kelompok B TK Islam Al-Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur Jurusan PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang
Suhardjono. 2013. Penelitian tindakan kelas sebagai kegiatan pengembangan profesi Guru. Bumi aksara 979-526-259-9
Suyanto, Slamet. 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Depdiknas
Supriyanto, D. (2015, September 3). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66-75. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67
Yuliani Nurani Sujiono. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : Indeks