Implementasi Pembiasaan Perilaku dalam Membentuk Nilai Agama Moral dan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Sedati Sidoarjo

  • Azizah Azizah TK Roudlotul Jannah Sidoarjo
Kata kunci: Pembiasaan Perilaku, Nilai Agama Moral, Sosial Emosional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan mengenai (1) implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional (2) peran warga sekolah dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional (3) kendala dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional (4) solusi mengatasi kendala dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomologis berupa studi kasus. Lokasi penelitian di TK Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependability dan confirmability. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, paparan data dan menarik kesimpulan.Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional anak di TK Negeri Pembina Sedati Sidoarjo dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan kegiatan terprogram. Peran warga sekolah dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional: (1) kepala sekolah: memberi keteladanan, mengadakan evaluasi penyelenggaraan kegiatan sekolah (2) guru: sebagai pengajar, pendidik serta memberi keteladanan (3) anak: sikap ceria anak ketika  ada di lingkungan sekolah  (4) orang tua: sikap kepatuhan orang tua dalam mentaati tata tertib yang sudah disepakati dan aktif menghadiri undangan sekolah. Kendala dalam implementasi pembiasaan perilaku adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memahami karakteristik anak, keterbatasan pengawasan guru dan perbedaan persepsi tentang konsep pendidikan anak usia dini antara di sekolah dan di rumah. Implementasi pembiasaan perilaku selayaknya disosialisasikan secara terus menerus sehingga semua warga sekolah disarankan untuk aktif dalam mengimplementasikan pembiasaan perilaku dan memiliki komitmen untuk membangun karakter positif anak.

 

Referensi

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Bogdan & Biklen, (1992). Qualitative Research in Education: an introduction to theory and methods. Nedham Heights, MA:Allyn and Bacon.
Emzir, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gunarsa, (1997). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta : Gunung Mulia,
Himpunan Peraturan Perundang-undangan, (2010). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Hurlock, (1993). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Lickona, (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.
Lickona, (Eds). (2012). Educating For Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Megawangi, R. (2009). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation
Moleong, (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung.
Prastowo, (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media,Bandung
Rachmawati, (2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka
Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: BIPA
Ulwan Nashih, (1999). Pendidikan Anak dalam Islam.Jakarta: Pustaka Amani.
Zuriah, (2008). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta : Bumi Aksara,
Diterbitkan
2018-04-02
Bentuk Sitasi
Azizah, A. (2018, April 2). Implementasi Pembiasaan Perilaku dalam Membentuk Nilai Agama Moral dan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Sedati Sidoarjo. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 9-20. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v2i1.213
Section
Articles