Meningkatkan Kedisiplinan dan Sikap Kooperatif melalui Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Anak Kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan melalui model pembelajaran sentra bermain anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya. (2) mendiskripsikan peningkatan sikap kooperatif melalui model pelajaran sentra bermain peran anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya. (3) untuk mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan dan sikap kooperatif anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan aktivitas anak dan lembar pengamatan aktivitas guru. Pengumpulan data dianalisis dan diolah untuk menentukan langkah yang perlu ditingkatkan pada siklus berikutnya.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada perbandingan keberhasilan kedisiplinan dan sikap kooperatif anak kelompok A padaanalisis antar siklus secara perhitungan jumlah rata-rata di siklus I mencapai 5,9 sementara pada siklus 2 meningkat menjadi 7,01sedangkan dihitung secara keseluruhan maka rata-rata siklus I mencapai 2,95 dan siklus II meningkat menjadi 3,50. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan peningkatan kedisiplinan dan sikap kooperatif anak kelompok A TK Pertiwi Teladan Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran sentra bermain peran pada siklus II terlihat meningkat dibandingkan siklus I, hal ini disebabkan guru saat mensetting kegiatan bermain anak yang bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan sikap kooperatif anak kelompok A TK Pertiwi Teladan terlihat pada siklus II hasil yang melebihi target yang ditentukan maka usaha guru yaitu lebih memperhatikan intonasi kalimat secara tegas dan ekspresi wajah yang serius dengan memberikan sanksi dan reward kepada anak sehingga anak lebih disiplin, terfokus, dan mudah memiliki sikap kooperatif
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arthur, L, Beecher, B, Death, E, Dockeet, S &Farmer, S. 2012. Programming and Planning in Early Childhood Settings. Victoria: Cengage Learning Australia Pty Ltd.
Asmawati, Luluk dkk. 2000. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Bredekamp, Sue (ed), 1992. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth Through Age 8.Washington NAEYC,
Carol and Nita Barbour,1993. Early Childhood Education, New York:Macmillan,
Cavell, T.A, Meehan, B.T., & Fiala, S.E. 2003. “Assessing Social Competence in Children and AdolescenC.Handbook of Psikological and Educational of Children. New York: The Guildford Press.
Creswel, 2013 Educatinal Research planning, conducting, and evaluating,quantitative and qualitative research. Pearson merril prentice hall
Elliot, J. 1982. Developing Hypothesis about Classrooms from Teachers
Practical Constructs: an Account of the Work of the Ford Teaching Project.Dalam The Action Research Reader. Geelong, Victoria: Deakin University.
Depdiknas , 2007. Pedoman penerapan Pendekatan Beyond Centres and Circle Time (BCCT). (Pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran) dalam Pendidikan anak usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Emzir, Prof.Dr. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gunarti, Winda. 2008. Metode Pengembangan perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hopkins, David (1993) A Teacher's Guide to Classroom Research.Philadelphia. Open University Press.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jilid 1, Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Kementrian Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2010. Kumpulan pedoman pembelajaran TamanKanak-Kanak.Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar
Kementrian pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.
Musfiqon.2012. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Ridwan. 2010. Dasar - Dasar Statistika.. Bandung: Alfabeta
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas.Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Sudjana, 2005. Nana dan Ahmad Rivai..Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar baru Aglesindo
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung
Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Yuliani N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sujiono, Yuliani N. 2010. Bermain Kreatif berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks
Supriadi, Dedi, 2003. Pendidikan Anak Usia Dini dalam UU Sisdiknas,
www.pikiranrakyat.com/cetak
Susanto, 2010. Konsep Penelitian Tindakan Kelas
dan Penerapannya.FBS UNESA
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembnagan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi