Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Menggunakan Media Komputer “Education Games” pada Anak Kelompok A2 TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar

  • Linda Dwiyanti Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ajeng Kurnia Pratiwi TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10, Media Komputer

Abstrak

Penelitian ini  dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti yang menunjukkan bahwa belum berkembangnya kemampuan mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada anak kelompok A2. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang harus dipecahkan, untuk itulah  guru   kelas bermaksud memecahkan masalah tersebut melalui penelitian tindakan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan media komputer “Education Games†dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada anak kelompok A2 TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran melalui media komputer “Education Games†terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 pada anak Kelompok A2 TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar.

Referensi

Aisyah, S dkk. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Depdiknas: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : PT Rineka Cipta
Akbar, Sa’dun. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (Filosofi, Metodologi, & Implementasi). Yogyakarta: Cipta Media Aksara
Depdiknas, (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kemampuan Berbahasa di TK. Jakarta: Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah
Depdiknas. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas
Depdikbud.(2014). Pengenalan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta
Djamarah, S. Bahri dan A. Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak usia Taman Kanak- kanak. Jakarta: PT. Grasindo, anggota Ikapi.
Rivai, A dan Sudjana N. (1991). Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru.
Rivai, A dan Sudjana N. (2010). Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks
Trianto. (2009). Mendesain Model pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Willis J. dan Weiser.B. (2014). International Journal. E-ISSN:2331-0464. Bridging the Gab: Meeting the Needs of Early Childhood Students by Integrating Technology and Environmental Education (Online). Diakses tanggal 1 Januari 2015
Diterbitkan
2018-04-02
Bentuk Sitasi
Dwiyanti, L., & Pratiwi, A. (2018, April 2). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Menggunakan Media Komputer “Education Games” pada Anak Kelompok A2 TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 43-48. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v2i1.215
Section
Articles