Pengaruh Hereditas Terhadap Intelegensi Anak

  • Fitrianti Wulandari Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Novita Widiyaningrum Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Umi Masturoh Institut Al Azhar Menganti Gresik
Kata kunci: Perkembangan, Faktor Hereditas, Intelegence Anak

Abstrak

Faktor Hereditas kerap disinonimkan dengan genetik, bawaan, bahkan ketiganya memiliki makna yang sama dengan faktor keturunan. Hal inilah yang menjadi faktor utama dalam perkembangan maupun pertumbuhan anak usia dini. Dalam perkembangan anak usia dini terdapat enam aspek perkembanga yaitu nilai agama dan moral, sosial emosional, kognitif, Bahasa, fisik motorik, dan nilai Pancasila. Menurut aliran navitisme inilah yang percaya bahwa faktor hereditas memengaruhi perkembangan seorang anak, komponen yang di bawa sejak lahir akan menentukan perkembangan anak. Data kepustakaan digunakan dalam penelitian ini. Buku-buku, surat-surat, pengumuman, iktisar rapat, pernyataan tertulis, dan sumber lain adalah sumber data utama penelitian ini. Namun, analisis cahaya yaitu metode analisis data yang dipergunakan. Hasil penelitian ini mencakup 1. Tiga teori hereditas yang paling populer adalah partisipasi, koalisi, dan asosiasi. Faktor hereditas 2 mempengaruhi proses perkembangan dan pertumbuhan anak. Hereditas didasarkan pada (1) pernikahan (partiality), anak lahir mewarisi sifat dari satu diantara dua sumber aslinya secara keseluruhan atau sebagian besar (2) penyatuan (coalition), di mana anak lahir mewarisi sifat-sifat berasal darisumber aslinya tanpa cabangcabangnya.dan (3) penggabungan (association), di mana anak mewarisi sifat- sifat tertentu dari sumber aslinya.

Referensi

Fathurrohman, M. (2017). PEMBAWAAN, KETURUNAN, DAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.67-86
George W. Bush, Presiden Amerika Serikat yang Berperang Melawan Terorisme. (2021, Oktober 14). https://www.zenius.net/blog/george-w-bush
Jiyanto, J. (2022). Konsep Hereditas dan Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an.
Khamim Zarkasih Putro, M. J. (2021). PENGARUH FAKTOR GENETIK PADA PERKEMBANGAN
ANAK USIA DINI. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 53. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10425
Laksana, D. N. L., Jau, M., & Ngonu, M. (2021). ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI.
Muyassaroh, M. (2017). Konstruksi Nilai Pendidikan Keimanan Islam dalam Prosa Fiksi Kecil- kecil Punya Karya. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 67–86. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.67-86
Niam, Z. W. (2019). LANDASAN FILOSOFIS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF HEREDITAS, LINGKUNGAN, KEBEBASAN MANUSIA DAN INAYAH TUHAN.
Nur Amini, & Naimah, N. (2020). FAKTOR HEREDITAS DALAM MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELLIGENSI ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108–124. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162
Penjelasan Biologis Tentang Pewarisan Genetik Orang Tua kepada Anak | literat. (2011). literat.republika.co.id. https://literat.republika.co.id/posts/235444/penjelasan- biologis-tentang-pewarisan-genetik-orang-tua-kepada-anak
Tarigan, S. A. R. B., Syahwitri, F. A., Salsabila, F. N., & Putri, D. A. (2023). Perkembangan Kognitif Masa Anak Anak Awal. ANWARUL, 3(1), 61–70. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.839
Zuyyina Candra Kirana. (2019). Pentingnya Gen dalam Membentuk Kepribadian Anak. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 44–64. https://doi.org/10.29062/dirasah.v2i2.59
Diterbitkan
2024-01-31
Bentuk Sitasi
Wulandari, F., Widiyaningrum, N., & Masturoh, U. (2024, January 31). Pengaruh Hereditas Terhadap Intelegensi Anak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 95-101. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2171
Section
Articles