Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam†Terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilanganâ€
Abstrak
Studi ini mengangkat bagaimana penerapan penggunaan alat permainan edukatif “puzzle jam†terhadap kemampuan kognitif “mengenal lambang bilangan†untuk anak usia dini khususnya usia 4-6 tahun. Kesenjangan antara kondisi ideal yang diharapkan dengan praktek nyata di lapangan ini di mana banyak pendidik TK dan RA jarang menggunakan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran khususnya untuk anak usia dini dalam pembelajaran mengenalkan lambang bilangan. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media alat permainan edukatif “PUZZLE JAM†untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Hasil dan simpulan pembahasan menyebutkan untuk mengajarkan kemampuan mengenal bilangan pada anak dapat diberikan dengan memberikan alat permainan edukatif puzzle jam. Permainan ini termasuk ke dalam permainan manipulatif. Dan dapat membantu anak dalam mengenalkan lambang bilangan pada kemampuan matematika tersebut
Referensi
Faila, Mila. 2011. Artikel. Pengenalan matematika anak usia dini. http://failashofagmail.wordpress.com/2011/06/01/pengenalan-matematika-anak-usia-dini/#comment-8.
Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mendiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Mendiknas.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, D. (2015, September 3). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66-75. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67
Syukron, Muh. 2011. Upaya Penggunaan Media Games Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. http://syukronsahara.blogspot.com/2011/05/penggunaan-media-games-puzzle.html.