Hubungan Pendidikan Formal dan Usia Orangtua Terhadap Kognitif Anak di Raudlatul Athfal Sunan Ampelarjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan

  • Khoiullati Khoiullati STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Nur Kholifah STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Pendidikan Formal, Usia Orang Tua, Kognitif

Abstrak

Keberhasilan orangtua dalam melakukan proses pembelajaran di rumah tidak lepas latar belakang pendidikan orang tua baik pendidikan formal, non formal mapun informal. Pengalaman melalui tripusat pendidikan tersebut merupakan kolaburasi antara personal orangtua murid RA dengan lembaga Pendidikan RA. Mengoptimalkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, maka proses pembelajaran harus dirancang dan disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan kerakteristik belajar anak. Anak mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembagannya terutama pada usia 2-6 tahun.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang menjadi sasaran generalisasi dari simpulan penelitian ini adalah seluruh RA (usia 5-6 tahun) di Kabupaten Pasuruan. Sedangkan sampelnya berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dengan SPSS 17.

Hasil dari penelitian adalah terdapat korelasi antara Pendidikan Formal  Orangtua (Coefficient Correlation 0,601>0,5) dan  Usia (Coefficient Correlation 0,605>0,5) terhadap Perkembangan Kognitif Anak  adalah positif, atau semakin tinggi pendidikan orang tua, maka menjadikan perkembangan kognitif anak  cenderung semakin bagus.  Demikian pula sebaliknya. Angka korelasi (Coefficient Correlation) menunjukkan kuatnya  hubungan kedua variabel tersebut. Korelasi antara Pendidikan Formal Orangtua dan Usia terhadap Perkembangan Kognitif Anak adalah signifikan (Probabilitas 0,000 jauh lebih kecil daripada 0,05), yang berarti adanya hubungan yang benar-benar signifikan antara Pendidikan Formal Orangtua  dan Perkembangan Kognitif Anak

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution. 2008. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013a. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyanto, dkk. 2003. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto.2010.Pengantar Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.Jakarta:Prenada Media Group
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003
Yus, Anita. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Diterbitkan
2018-04-02
Bentuk Sitasi
Khoiullati, K., & Kholifah, N. (2018, April 2). Hubungan Pendidikan Formal dan Usia Orangtua Terhadap Kognitif Anak di Raudlatul Athfal Sunan Ampelarjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 72-87. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v2i1.219
Section
Articles