PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS BERBASIS STEAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI

  • Tungga Purnama Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Ardiana Faizah
Kata kunci: loose parts, kemampuan mengenal huruf, anak usia dini

Abstrak

Kemampuan mengenal huruf adalah kemampuan yang di miliki setiap anak untuk mengetahui konsep huruf. Kemampuan mengenal huruf anak usia dini kelompok A yaitu mengenal huruf vokal dan konsonan, membentuk huruf dari benda, menulis huruf dengan media loose parts berbasis STEAM. Sedangakan media loose parts merupakan alternatif sebuah media yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan anak melalui alam dan lingkungan sekitar pada anak untuk meningkatkan kreativitas pada anak sehingga proses belajarnya lebih konkret. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflesi. presentase ketuntasan belajar pada siklus I terdapat 60% sebanyak 6 anak didik dari 20 anak didik dengan rata-rata 60 dan siklus II terdapat 75% sebanyak 8 anak didik dari 20 anak didik dengan rata-rata 75. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam penggunaan media loose parts berbasis STEAM untuk kemampuan mengenal huruf  pada anak usia dini. Pendidik diharapkan memanfaatkan media loose parts berbasis STEAM dalam kegiatan bermain anak usia dini, salah satunya pada kegiatan mengenal huruf.

Referensi

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.
Carol Seefeldt & Barbara A Wasik. Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta : Indeks. 2006), 330-331.
Farhati, Inti & Adeng Supriadi, 300+ Ide Perencanaan Pembelajaran Berbasis STEAM (Jakarta: Bestari, 2020) h. 2.
Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Diva Press, 2009), h. 12.
Hasnida, Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini (Jakarta: luxima, 2014), 36.
Maryatun, Ika Budi. Tahapan-Tahapan Membaca Anak Usia Dini, (Yogyakarta, Diva Press, 2011), h. 1-2.
Mursid, Pengembangan Pembelajaran Paud ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), h. 26.
Siantajani, Yuliati. Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD (Semarang: PT Sarang Seratus Aksara, 2020), h. 12-15.
Soylu, S. (2016). STEM Education in Early Childhood in Turkey. Journal Of Educational and Instructional Studies in The World Volume: 6.
Utami Putri, Suci. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press: Jawa Barat.
Diterbitkan
2024-04-24
Bentuk Sitasi
Purnama Sari, T., & Faizah, A. (2024, April 24). PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS BERBASIS STEAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 111-117. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2194
Section
Articles