Pengaruh Pembelajaran Sentra Seni dan Kreatifitas Terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Kegiatan Menjahit Anak Kelompok A di RA Manbaul Muttaqin Grati Pasuruan

  • Wiwit Indah Sholihati RA Manbaul Muttaqin Grati Pasuruan
Kata kunci: Pembelajaran sentra seni dan kreativitas, Perkembangan motorik halus, Menjahit

Abstrak

Menjahit pada anak usia dini sangat penting untuk diajarkan, karena haL ini berkaitan dengan melatih otot-otot jari anak agar dapat digunakan dengan baik. Kemampuan anak memegang tali/pita dapat melatih anak untuk memegang pensil dengan benar untuk periapan anak belajar menulis. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui model pembelajaran sentra seni dan kreativitas dengan kegiatan menjahit anak kelompok A RA Mambaul Muttaqin. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan motorik halus pada anak Kelompok A  RA Mambaul Muttaqin.Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A RA Mambaul Muttaqin Pasuruan yang berjumlah 32 anak. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data penelitian kuantitatif ini  digunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan selama 2 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi dapat dilihat terdapat perbedaan skor perkembangan motorik halus melalui kegiatan menjahit kelompok A RA Mambaul Muttaqin Grafik pre-test sebagian besar lebih rendah dibandingkan dengan grafik post-test meskipun ada perbedaan perkembangan dari setiap subyek. Hal itu mampu menjelaskan bahwa ada perkembangan skor perkembangan motorik halus pada anak antara sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran sentra seni dan kreatifitas.Hal tersebut dapat diartikan bahwa Pembelajaran sentra seni dan kreatifitas mempunyai pengaruh yang sigtifikan terhadap perkembangan motorik halus melalui kegiatan menjahit pada anak kelompok A di RA Mambaul Muttaqin Grati-Pasuruan

Referensi

Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI.
Hanum, Mufida. 2011. Penggunaan Alat Pemainan Edukatif Pasuruan: STKIP PGRI Jember.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anita Yus. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
C. Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.
Menteri Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: CV.Alfabeta.
Sujiono, Nurani, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed August 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Diterbitkan
2018-04-15
Bentuk Sitasi
Sholihati, W. (2018, April 15). Pengaruh Pembelajaran Sentra Seni dan Kreatifitas Terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Kegiatan Menjahit Anak Kelompok A di RA Manbaul Muttaqin Grati Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 84-97. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v1i1.239
Section
Articles