Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

  • Himmatul Farihah PG PAUD Universitas Ronggolawe Tuban
Kata kunci: Kemampuan Bahasa Verbal, Metode Bercerita, Gambar Seri

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil dengan cara mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak serta memotivasi anak untuk senang  belajar terutama dalam pembelajaran melalui metode bercerita.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan bersifat kualitatif dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun  urutan kegiatan  penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,  dan  (4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode bercerita dengan gambar seri di kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan dalam dua siklus, secara keseluruhan pelaksanaan tindakan kelas berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah disusun dan dilakukan disetiap siklusnya. Kedua, peningkatan kemampuan bahasa verbal terlihat dari antusias siswa dan hasil belajar pada saat pembelajaran, yaitu: (1) Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana, (2) Menceritakan pengalaman/kejadiana sederhana (3) Bercerita tentang gambar yang disediakan, mengurutkan gambar seri sederhana, dan (4) Membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana (5) mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana. Ini dapat diketahui melalui hasil observasi pra tindakan sebesar 42,30 %, pada siklus I meningkat sebesar 26,93% menjadi 69,23%, dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 23,07% menjadi 92,30%. Dari keseluruhan peningkatan kemampuan bahasa verbal sebelum tindakan sampai siklus II sebesar 50%.

Referensi

Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Cipta Media.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Hildayani, Rini. 2009. Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka.
Ismoerdijahwati, K, Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita dengan Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini, http//malpanesatriana. wordpress.com. Diakses pada 14 Februari 2014.
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks.
Moelichatun, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, H. E., 2009. Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012. Nurani S, Yuliani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.
Purwakania H, Aliah B. 2006. Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: Raja Grafindo.
Sadjaah, Edja. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga, Jakarta.
Salma P, Dewi. 2007. Prinsip Dasar Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.
Sunarto. 2006. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publising.
Supriyadi. 1996. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud Universitas
Terbuka.
http://isnaesturita.wordpress.com/2013/02/27/mmp-membaca-danmenulis-permulaan/.Diakses Rabu 27 Juli 2015
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar PAUD, Jogyakarta: Hikayat
Diterbitkan
2018-04-15
Bentuk Sitasi
Farihah, H. (2018, April 15). Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 98-107. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/241
Section
Articles