Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris

Authors

  • Ahmad Ali Riyadi Fakultas Agama Islam Universitas Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.243

Keywords:

pembelajaran pendidikan Islam emansipatoris, agama dan kemanusiaan

Abstract

Kajian ini mengkaji gagasan model pembelajaran pendidikan Islam Emansipatoris. Model pembelajaran ini menekankan kepada Islam sebagai agama yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan. Wacana yang dikembangkan terjadi pergeseran paradigma, yaitu pergeseran tema yang mengalihkan perhatian pada pemahaman mateir pembelajaran agama yang bersifat teologis (teosentrisme) menuju pembelajaran yang bersifat riil     (antroposentrisme). Tema-tema yang diusung lebih menekankan tema-tema tentang Islam sebagai agama lewat penafsiran progresif terhadap problemproblem kemanusiaan kontemporer melalui penelusuran doktrin, sejarah dan kajian kontemporer untuk menemukan makna Islam yang mampu menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan sebagai upaya kontekstualisasi pemahaman agama

References

Abu Zaid, Nasr Hamid. 1990. Mafhum al-Nash: Dirasat fi ‘Ulum al-Qur’an, Kairo; al-Hai’ah alMishriyyah al-‘Ammah al-Kitab.
--------------. 2003. Teks Otoritas Kebenaran, penerj. Khoiron Nahdliyin, Yogyakarta: LKiS.
--------------. 2001. Tekstualitas Al-Qur’an: Kritik Terhadap Ulumul Qur’an, penerj. Khoiron Nahdliyin, Yogyakarta: LKiS.
Engineer, Asghar Ali. 1999. Islam dan Teologi Pembebasan, penerj. Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hanafi, Hassan. 2000. Oksidentalisme: Sikap Kita Terhadap Tradisi Barat, penerj. M. Najib Bukhori, Jakarta: Paramadina.
Ismail, Achmad Syarqawi. 2003. Rekonstruksi Konsep Wahyu Muhammad Syahrur, Yogyakarta: elSAQ Press.
Mas’udi, Masdar F., 2004. ”Paradigma dan Metodologi Islam Emansipatoris,” dalam Very Verdiansyah, Islam Emansipatoris: Menafsir Agama Untuk Praksis Pembebasan, Jakarta: P3M.
Misrawi, Zuhairi. 2004. ”Islam Emansipatoris: Dari Tafsir Menuju Pembebasan,” dalam Very Verdiansyah, Islam Emansipatoris: Menafsir Agama Untuk Praksis Pembebasan, Jakarta: P3M.
Rumadi. 2002. Masyarakat Post Teologi: Wajah Baru Agama dan Demokratisasi Indonesia, Jakarta: Gugus Press.
Supriyanto, D. (2018) “Variasi Model Pembelajaran Guru MI pada di MI Miftahul Ulum Rowogempol Lekok Pasuruan”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), pp. 247-254. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/411
Saemong, Ilham B., 2002. Hermeneutika Pembebasan: Metodologi Tafsir Qur’an Menurut Hassan Hanafi, Jakarta: Teraju.
Shahrur, Muhammad. 2004. Prinsip dan Dasar Hermeneutika al-Qur’an Kontemporer, penerj. Sahiron Syamsuddin, Yogyakarta: elSAQ Press.
Verdiansyah. 2004. Very, Islam Emansipatoris: Menafsir Agama Untuk Praksis Pembebasan, Jakarta: P3M.
www.p3m.or.id/www.islamemansipatoris.com.

Downloads

Published

2018-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris. (2018). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 117-127. https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.243