Pengaruh Metode Bercerita (Tentang Kisah – Kisah Nabi dan Rosul) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Thn di RA Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014
DOI:
https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.244Keywords:
Metode Bercerita, perkembangan Nilai Agama dan Moral AnakAbstract
Penelitian ini mengangkat pengaruh metode bercerita tentang kisah nabi dan rasul terhadap perkembangan Nilai Agama dan moral anak TK usia 4-5 tahun, dimana masih banyak anak RA.Perwanida Raci yang belum berkembang nilai agama dan moralnyaPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini pada RA.Perwanida Raci Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan Nilai Agama dan Moral anak usia dini.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral anak pada RA. Perwanida Raci. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 17 anak. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist anatara indikator dengan pencapaian perkembangan Nilai Agama dan Moral anak didik.Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan Nilai Agama dan Moral anak pada metode bercerita melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa metode bercerita memiliki pengrauh terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral pada anak
References
Asmawati, Luluk.2015. Pengelolahan Kegiatan Pengembangan Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Hair, dkk.2009. multivariate Data Analysis. Sevent.Edition.Person Education. New Jersey. Diakses dari.
http://books.google.co.id/books=hair+et+al+sampel+for+regression. Pada tanggal 5 Maret 2017.Pukuln13.36WIB.
Hildayani, Rini.2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Mahyudin, Neni.2015. Dasar –Dasar Pendidikan TK. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Takdiroatun.2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suryana, Dadan.2015. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Supriyanto, D. (2015) “Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtuaâ€, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), pp. 66-75. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67
Syaodih, Nana.2007. Metode Peneletian. Bandung: PT.Remaja Rosdakary