Pengaruh Metode Bercerita (Tentang Kisah – Kisah Nabi dan Rosul) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Thn di RA Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014

Authors

  • Nur Fatmawati RA Perwanida Raci Bangil Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.244

Keywords:

Metode Bercerita, perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak

Abstract

Penelitian ini mengangkat pengaruh metode bercerita tentang kisah nabi dan rasul terhadap perkembangan Nilai Agama dan moral anak TK usia 4-5 tahun, dimana masih banyak anak RA.Perwanida Raci  yang belum berkembang nilai agama dan moralnyaPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini pada RA.Perwanida Raci  Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan Nilai Agama dan Moral anak usia dini.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral anak pada RA. Perwanida Raci. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 17 anak. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist anatara indikator dengan pencapaian perkembangan Nilai Agama dan Moral  anak didik.Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan Nilai Agama dan Moral anak pada metode bercerita melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa metode bercerita memiliki pengrauh terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral pada anak

References

Arikunto, Suharsimi.1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.
Asmawati, Luluk.2015. Pengelolahan Kegiatan Pengembangan Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Hair, dkk.2009. multivariate Data Analysis. Sevent.Edition.Person Education. New Jersey. Diakses dari.
http://books.google.co.id/books=hair+et+al+sampel+for+regression. Pada tanggal 5 Maret 2017.Pukuln13.36WIB.
Hildayani, Rini.2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Mahyudin, Neni.2015. Dasar –Dasar Pendidikan TK. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Takdiroatun.2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suryana, Dadan.2015. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Supriyanto, D. (2015) “Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), pp. 66-75. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67
Syaodih, Nana.2007. Metode Peneletian. Bandung: PT.Remaja Rosdakary

Downloads

Published

2018-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Metode Bercerita (Tentang Kisah – Kisah Nabi dan Rosul) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Thn di RA Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014. (2018). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 128-146. https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.244