Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Ketangi Probolinggo

  • Sutarmi Sutarmi RA Miftahul Ulum Ketangi Probolinggo
Kata kunci: Manajemen Kurikulum PAUD

Abstrak

Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di RA Miftahul Ulum Ketangi. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di RA Miftahul Ulum. Ketangi yang meliputi perencanaan kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya sulitnya memahami RKM untuk dijadikan RKH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RKM dan RKH. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan reverensi dan diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan sempurna tentang Manajemen Kurikulum PAUD

Referensi

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling, 1(2), 94–109.
M. Syah, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1995)
Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta : Bumi Aksara, 2001)
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2000)
Muhammad Ali, Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung: Sinar Baru, 1992)
Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Jakarta : Media Pratama, 1999)
Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1995)
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001) Undang-undang No.20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional,
Mulyasa, Manajemen PAUD , (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara,2006)
Rusman, Manajemen Kurikulum, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2009)
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum
Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008)
Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar PAUD.
Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi
Lexy J.Moleong,Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakaeya, 2009)
Nana Syaoidih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)
Imron Arifin, Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keagamaan, (Malang: Kalimasada Pers, 1994)
Kholid Narbuko dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumio Aksara, 2001)
Mohammad Nazir, Metode Penelian, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1988)
Diterbitkan
2018-04-15
Bentuk Sitasi
Sutarmi, S. (2018, April 15). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Ketangi Probolinggo. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 161-171. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/246
Section
Articles