Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Ar-Rieza Dua Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014

  • Khurotul Ayun TK Ar-Rieza Beji Pasuruan
Kata kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa

Abstrak

Penelitian ini mengangkat pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Bahasa anak TK usia 4-5 tahun, dimana masih banyak anak TK AR-RIEZA Dua Beji yang belum menguasai kemampuan dalam berbahasa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini pada TK AR-RIEZA Dua Beji. Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan Bahasa anak usia dini.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap Perkembangan Bahasa anak pada TK AR-Rieza Dua Beji. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 16 anak.pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist anatara indikator dengan pencapaian perkembangan Bahasa  anak didik.Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan Bahasa anak pada metode bercerita melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa metode bercerita memiliki pengrauh terhadap perkembangan bahasa pada anak.

Referensi

Arikunto, Suharsimi.1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.
Asmawati, Luluk.2015. Pengelolahan Kegiatan Pengembangan Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Hildayani, Rini.2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Mahyudin, Neni.2015. Dasar –Dasar Pendidikan TK. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Takdiroatun.2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Supriyanto, D. (2015) “Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), pp. 66-75. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67
Suryana, Dadan.2015. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Syaodih, Nana.2007. Metode Peneletian. Bandung: PT.Remaja Rosdakary
Diterbitkan
2018-04-15
Bentuk Sitasi
Ayun, K. (2018, April 15). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Ar-Rieza Dua Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 172-180. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.247
Section
Articles