Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini

  • Nurkamelia Mukhtar AH Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Fisik Motorik, Anak Usia Dini

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan konsep dasar Alat Permainan Edukatif, (2) Menstimulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak (3) Mendeskripsikan Syarat-syarat dan Jenis-jenis APE, (4) Kualifikasi APE Untuk Pengembangan Fisik-Motorik AUD, (5) Pengelolaan dan Penggunaan APE Anak Usia Dini. Fase anak usia dini merupakan tahap paling menentukan bagi tumbuh kembangnya anak. Pada fase ini, seluruh potensi dan bakat pada diri anak mengalami peningkatan yang luar biasa melalui pengembangan kreativitasnya. Bahkan fase ini menentukan perkembangan anak pada tahap selanjutnya. Keberhasilan pelaksanaan suatu program pendidikan untuk anak usia dini sangat tergantung pada pengelolaan sumber belajar. Pengelolaan merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam setiap kegiatan. Pentingya penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang senantiasa mendapatkan perhatian dari pengelola taman kanak-kanak. Hal ini dikarenakan keberhasilan guru dalam mengembangkan aspek yang dimiliki anak tidak lepas dari kemampuannya dalam mengelola alat permainan khususnya alat permainan edukatif. Meningkatkan kecerdasan fisik-motorik anak sangat penting, Karena suksesnya perkembangan tersebut menjadi landasan bagi perkembangan pada aspek yang lain. Untuk mencapainya, dapat dilakukan dengan menstimulasi anak. Hal ini karena stimulasi dianggap dapat menimbulkan respons yang berefek sebagai latihan motorik. Anak usia dini akan lebih senang untuk melakukan gerakan fisik sebagai wujud untuk mengeksplor dirinya, dan bereksperimen. Pengalaman bermain yang menyenangkan dengan menggunakan bahan APE akan menunjang keberhasilan pembelajaran, yang mana penggunaannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak sehingga membantu anak untuk berkembang dengan optimal.

Referensi

Andi Yudha Asfandiyar, Creative Parenting Today, Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2012.
Devianti, Ayunita. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 1-6 Tahun. Yogyakarta: Araska. 2013.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2015) Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasan, Maimunah. PAUD Panduan Lengkap Manajemen Mutu Pendidikan Anak Untuk Para Guru dan Orang Tua. Yogyakarta: Diva Press. 2010.
Indrijati, Herdina. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai, Jakarta: Kencana, 2016.
Martuti, A. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Bantul:Kreasi Wacana. 2012.
Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. 2010.
R, Ariesta. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung:PT Sandriarta Sukses. 2009.
Rolina, Nelva. Alat Permainan Edukatif. Yogyakarta:Ombak. 2012.
Sudono, Anggani. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Indonesia. 2000.
Sudono, Anggani. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo, 2006.
Sugiono Kuntjojo, Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung AUD, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 10 Edisi.2 November 2016.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta:Kencana. 2016.
Syamsuardi, Penggunaan Alat Permainan Edukatif di Taman Kanak-kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, Jurna Publikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1 Februari-Mei 2012.
Wiyani, Novan Ardy. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media. 2014.
Zaman, Badru,dkk. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka. 2010.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Diterbitkan
2018-08-12
Bentuk Sitasi
AH, N. (2018, August 12). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125-138. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/301
Section
Articles